DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 18:59 WIB

Saksi Kunci e-KTP yang Tewas di AS: Aku Suka Kalau LPSK Behind Me

Dhani Irawan - detikNews
Saksi Kunci e-KTP yang Tewas di AS: Aku Suka Kalau LPSK Behind Me Foto: Ilustrasi/kolase foto saksi kunci e-ktp Johannes Marliem (Mindro Purnomo)
FOKUS BERITA: Saksi Kunci e-KTP Tewas
Jakarta - Johannes Marliem, saksi kunci e-KTP yang tewas di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS), rupanya sempat berkomunikasi dengan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban). Johannes tampak meminta dukungan dari LPSK.

"Saya bilang kalau misal berkenan seperti apa nanti bentuknya apakah kami nanti bersama-sama KPK. Saya akan komunikasikan deh, dia hanya jawab, oh saya senang sekali, saya suka kalau LPSK behind me, gitu kalimatnya," kata Wakil Ketua LPSK Lili Pintauli Siregar kepada detikcom, Minggu (13/8/2017).


Komunikasi itu dilakukan Lili pada tanggal 26 Juli hingga 27 Juli 2017. Namun sayangnya saat itu Lili belum berbicara soal substansi dengan Johannes terkait ancaman apakah yang didapat Johannes.

"Dia bilang hanya oke gitu aja, jadi belum ada substansi. Hanya itu yang aku tangkap dari makna dia punya balasan sebenarnya dia juga senang kalau kami bener," kata Lili.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah memastikan kematian Johannes. Namun penyebab dari kematian, Kemenlu masih menunggu informasi dari otoritas AS.


"Johannes Marliem ditemukan tewas sekitar pukul 02.00 dini hari 10 Agustus 2017 di Los Angeles," ungkap Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (12/8).

Sementara itu, KPK mengaku tak khawatir dengan tewasnya Johannes. Pasalnya, bukti yang diperlukan sudah dikantongi.


"Dalam proses penyidikan (kasus e-KTP), KPK tentu tidak tergantung pada satu saksi tertentu saja. Di kasus ini kami sudah memiliki bukti permulaan yang cukup ketika meningkatkan tersangka ke penyidikan," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Sabtu (12/8).

"Sebaiknya kita tunggu informasi resmi dari otoritas setempat (di AS) terlebih dahulu. Karena kewenangan berada di sana, baik dari aspek lokasi kejadian ataupun kewarganegaran," tutur Febri menambahkan.


(dhn/tor)
FOKUS BERITA: Saksi Kunci e-KTP Tewas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed