DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 16:36 WIB

Ini Materi yang Diberikan Pelatih untuk Paskibra HUT RI ke-72

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ini Materi yang Diberikan Pelatih untuk Paskibra HUT RI ke-72 Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) dituntut untuk kompak dan rapi saat melakukan baris berbaris. Berbagai materi latihan kepemimpinan baris berbaris (LKBB) diberikan kepada peserta yang akan mengibarkan Sang Saka Merah-Putih di Istana Merdeka.

"Materi yang saya berikan itu gerakan dasar dulu, gerakan dasar itu artinya PBB di tempat gerakan PBB berjalan. Gerakan PBB di tempat itu banyak rangkaiannya, yaitu sikap sempurnya, jalan di tempat, penghormatan dan lain sebagainya," ujar Pelatih Paskibraka HUT RI ke-72, Mayor Suswan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2017).



Selain gerakan PBB di tempat ada juga gerakan jalan. Di sini pelatih akan memperhatikan ayunan tangan hingga langkah kaki agar anggota Paskibra indah dilihat saat mengibarkan Sang Saka Merah-Putih.

"Kalau untuk gerakan berjalan yaitu langkah tegap kita lihat ayunan tangannya, kakinya untuk dilangkahkan yang bagus sesuai aturan," katanya.
pelatih akan memperhatikan ayunan tangan hingga langkah kaki agar anggota Paskibra indah dilihat saat mengibarkan Sang Saka Merah-PutihPelatih akan memperhatikan ayunan tangan hingga langkah kaki agar anggota Paskibra indah dilihat saat mengibarkan Sang Saka Merah-Putih (Foto: Hasan Alhabshy)

Sebagai pelatih, Suswan banyak melihat perkembangan peserta didiknya saat pertama kali tiba lokasi latihan. Modal dasar latihan peserta didiknya dari daerah disesuaikan dengan materi ajarnya.

"Mereka sudah ada modal dasar namun perbedaan gerakan tentunya ada dari daerah dengan di pusat sini. Jadi mereka sedikit kaget lah mungkin ada perbedaan. Ya ada perubahan sedikit lah yang saya rubah, mungkin gerakan ini untuk membentuk kekompakannya agak sulit, jadi saya butuh waktu yang benar-benar ketat untuk melatih mereka," jelasnya.

Pelatih juga memfokuskan kekompakan peserta Paskibra saat latihan. Setiap Ego ada di diri peserta harus dihilangkan.

"Saya terapkan dari mulai bangun pagi kita senam pagi. Kemudian kalau PBB itu juga salah satunya juga membentuk kekompakan. Di situ kita sudah menghilangkan ego mereka, kemudian di sela-sela waktu istirahat di situlah kita bentuk yang namanya yel-yel biar mereka kompak," imbuhnya.
(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed