DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 16:10 WIB

HUT RI ke-72, Menteri Susi Ingin Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

Enggran Eko Budianto - detikNews
HUT RI ke-72, Menteri Susi Ingin Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan Foto: Menteri Susi di Jombang. (Enggran/detikcom)
Jombang - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti ingin HUT Kemerdekaan RI ke-72 juga dirayakan dengan menenggelamkan kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Hal tersebut bisa menjadi simbol perayaan kemenangan melawan pencurian ikan.


Hal itu dikatakan Susi saat menebar 109 ribu benih ikan lele di kolam bioflok SMA Transains Tebuireng 2, Desa Jombok, Ngoro, Jombang. Menurut dia, saat ini terdapat 191 kapal pencuri ikan yang sudah ditangkap. Dari jumlah itu, yang telah mendapatkan keputusan hukum tetap sebanyak 30 unit.

"Itu harus ditenggelamakan semua, kalau tidak nanti jalan lagi mencuri lagi," kata Susi kepada wartawan, Minggu (13/8/2017).

Susi tebar benih lele.Susi tebar benih lele. Foto: Menteri Susi di Jombang. (Enggran/detikcom)


Penenggelaman kapal pencuri ikan itu, lanjut Susi, juga sebagai wujud komitmen pemerintah dalam memberantas pencurian ikan di perairan Indonesia.

Dia ingin di peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 17 Agustus nanti juga dirayakan dengan menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan. "Bagusnya seperti itu, merayakan kemenangan atas pencurian ikan," tandasnya.


Selama 2014 sampai 2017, Susi sudah menenggelamkan 317 kapal pencuri ikan di laut Indonesia. Kapal-kapal tersebut antara lain 50 berbendera Malaysia, 76 berbendera Filipina, 144 kapal berbendera Vietnam, 21 kapal berbendera Thailand, dan sisanya berbendera Papua Nugini, China, hingga Nigeria.
(bdh/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed