DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 15:44 WIB

Yel-yel Pembangun Semangat Peserta Paskibraka HUT RI ke-72

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Yel-yel Pembangun Semangat Peserta Paskibraka HUT RI ke-72 Foto: Noval/detikcom
Jakarta - Latihan dari pagi hingga sore tak jarang membuat peserta Paskibraka HUT RI ke-72 menjadi lelah. Lelah itu langsung hilang ketika para peserta menyanyikan yel-yel yang membangun semangat.

Sudah hampir 2 pekan peserta Paskibraka latihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, Jakarta Timur. Mereka latihan dari puku 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Saat istirahat berbagai yel-yel dinyanyikan peserta. Mereka tampak riang dan gembira saat menyanyikan yel-yel dengan kompak.

"Fungsi dan manfaat yel-yel pada saat saya menjadi seorang Paskibraka, kita seorang Paskibraka dituntut keseriusan dalam berlatih, kita fokus dengan apa yang kita kerjakan, dengan PBB, dengan aturan, dengan formasi, namun itu juga menguras tenaga dan semangat kita. Setelah kita yel-yel, setelah kita bernyanyi semangat sorak-sorak, itu mengembalikan rasa capek kita, rasa lelah kita, itu hilang semuanya, kembali fresh seperti semula," ujar Komandan Pasukan Angkatan Laut Kapten Marinir Herwan P Putra di PPPON Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2017).
Saat istirahat berbagai yel-yel dinyanyikan peserta.Saat istirahat berbagai yel-yel dinyanyikan peserta (Foto: Noval/detikcom).

Kapten Herwan merupakan sosok yang membuat yel-yel peserta Paskibraka tahun 2017. Pada tahun 2002 Herwan juga merupakan anggota Paskibraka dari utusan Provinsi Kepulauan Riau.

"Dulu saya anggota Paskibraka Kepulauan Riau tahun 2002. Biasanya tiap tahun punya yel-yel masing-masing, tiap tahun berbeda-beda dan biasanya ada yang adik-adik tahu sendiri, dan ada juga oleh kakak-kakak Danpas," katanya.



Herwan membuat yel-yel dari berbagai rujukan. Yel-yel yang dibuatnya harus mampu mengatasi jenuh dan lelah peserta saat latihan.

"Insipirasinya ada yang saya dapat dari pendidikan saya, dan ada yang saya buat. Intinya biar mereka setelah capek panas-panasan berjemur latihan baris berbaris, ketika sudah mulai merasa jenuh, dengan teriakan dengan nyanyian, itu bisa membangkitkan semangat mereka untuk berlatih," jelasnya.

"Membuatnya ada yang saya dapat dari kesatuan saya, ada yang saya dapat dari pendidikan saya di akademi angkatan laut, dan ada juga yang saya buat sendiri. Ada waktu yang saya Paskibraka ada yang saya bawa, itu juga salah satu yel-yel yang membuat jiwa seorang Paskibraka tumbuh, ini juga termasuk melatih kekompakan mereka," tutupnya.
(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed