DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 13:36 WIB

Paskibraka HUT RI ke-72 Dibekali Table Manner Hingga Antikorupsi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Paskibraka HUT RI ke-72 Dibekali Table Manner Hingga Antikorupsi Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Sepasang putra dan putri terbaik Indonesia dari setiap provinsi dipilih menjadi anggota Paskibraka HUT RI ke-72. Mereka dibina dalam kegiatan asrama dari pagi hingga malam.

"Nah di dalam gedung kegiatan mereka mulai dari mau tidur sampai dengan bangun tidur, sampai dengan jam 07.00 kita serahkan ke lapangan dari pembina ke pelatih," ujar Ketua Pembina Paskibraka HUT RI ke-72 Suyitno di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2017).
Anggota Paskibraka dididik oleh unsur Pelatih dan Pembina.Anggota Paskibraka dididik oleh unsur Pelatih dan Pembina (Foto: Hasan Alhabshy)

Anggota Paskibraka dididik oleh unsur Pelatih dan Pembina. Pelatih bertugas melatih peserta di lapangan dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Pembina bertugas mendidik peserta selama berkegiatan di asrama dari pukul 17.00 WIB hingga bangun pagi pukul 04.00 WIB pagi hari. Setiap malam peserta tidur pukul 22.00 WIB.

"Setelah dari pelatih dari pukul 17.00 WIB itu dari pelatih dikembalikan ke pembina, nah kami bimbing mereka yang Muslim salat yang non Muslim di kamar, terus kembali ke ruang makan. Setelah itu nanti jam 19.00 WIB ada pembekalan materi lagi, setelah itu nanti apel malam, lanjut setelah itu mereka tidur. Maksimal jam 22.00 WIB harus sudah tidur," jelasnya.

Selain dilatih baris berbaris, anggota Paskibraka juga diberikan berbagai materi untuk membentuk karakter dan mentalnya. Mereka diharapkan dapat menjadi contoh ketika pulang ke daerahnya.

"Mereka juga kita awasi tata cara duduk, tata cara makan, table manner. Materi antikorupsi, narkoba dan bahayanya, kepemimpinan, dan sebagainya. Tempat tingal juga kami pisah, putri sebelah sini, putra sebelah sana, kami pisah," sebutnya.

"Terus berkaitan dengan di lapangan kan ada teori baris berbaris, nah teori itu diberikan juga di asrama. Jadi sebelum pelatih ke lapangan, koordinatornya datang juga memberikan materi," tambahnya.
Paskibraka HUT RI ke-72 Dibekali Table Manner Hingga AntikorupsiSelain dilatih baris berbaris, anggota Paskibraka juga diberikan berbagai materi untuk membentuk karakter dan mentalnya (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom).

Di dalam asrama, peserta dididik dalam sebuah media didik yang dinamakan Desa Bahagia. Hal ini untuk meningkatkan hidup gotong royong dan toleransi ketika kembali ke masyarakat.

"Jadi ada pola pendekatan yang digunakan. Kami menggunakan pendekatan Desa Bahagia dalam membina, di situ ada suatu desa di mana ada kumpulan suatu orang yang di situ ada pimpinan, ada aparat dari desa seperti sekretaris dan sebagainya. Jadi dibagi-bagi siapa bertugas, dan itu ada prosesi pemilihannya, pemilihan lurah di hari kedua. Sehingga proses Desa Bahagia itu bisa berjalan," imbuhnya.

Pembina harus menjadi contoh yang baik bagi peserta saat di asrama. "Mereka disuruh bangun jam 4 pagi, berarti kan kami sebelum jam 4 sudah harus bangun," tutupnya.
(nvl/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed