DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 04:15 WIB

Pemprov DKI akan Bangun Toilet Sekelas Mal di Taman dan RPTRA

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI akan Bangun Toilet Sekelas Mal di Taman dan RPTRA Ilustrasi RPTRA. (Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom).
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana untuk membuat toilet nyaman di taman-taman dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Pembangunan itu untuk menunjang Jakarta sebagai kota yang manusiawi.

"Kita harus punya prototype dengan standarisasi dan kita ingin sebetulnya membangun toilet semacam ini, yang kayak di mal, untuk ditempatkan di taman-taman kota," kata Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017) malam.

Djarot mengatakan demikian setelah melakukan peninjauan terhadap toilet di Monas. Toilet bersih yang dimaksud tersebut akan dibangun di bawah tanah.

Adanya toilet bersih bisa membuat nyaman pengunjung. Selain itu, toilet di taman dan RPTRA harus bisa diakses oleh disabilitas.

"Dengan cara seperti itu, maka seluruh pengunjung, penikmat, dan yang akan rekreasi di taman kota, maupun RPTRA juga dapat layanan toilet yang sehat dan bersih, juga ramah pada saudara kita yang disable. Ini prototype bekerja sama dengan Coca Cola Foundation," jelas Djarot.

Selain membangun toilet, Pemda DKI Jakarta akan membangun trotoar lebar di sekitar Monas. Pembangunan dilakukan menggunakan sisa dana dari pembangunan Simpang Susun Semanggi.


"Dana dari kelebihan kemaren pembangunan Simpang Susun Semanggi. Langsung kita akan kerjakan untuk Ratu Plaza sampai Monas, 7,7 kilometer," ujar Djarot.

Dengan demikian, masyarakat semakin nyaman berwisata ke Monas. Tak perlu juga risau saat berjalan di Monas pada malam hari.

"Monas akan terang benderang semua lampu akan kita ganti dengan LED. Tahun ini akan dibangun kembali lampu LED sebanyak 407. Sehingga di Monas ada sekitar 600 lampu LED dan Insyaallah bulan Oktober selesai," ujar Djarot.

Chief Executive of Coca Cola Foundation Indonesia, Titie Sadarini mengaku berterima kasih kepada Pemda DKI Jakarta. Dia merasa senang bisa membuat sebuah tempat yang nyaman bagi penduduk dan wisatawan.

"Kita mengajak supaya masyarakat Jakarta ini udah dikasih tempat (Monas) sama Pak Djarot yang indah nyaman, menyenangkan, tempat hangout sama keluarga yang paling asik lah," ucap Titie dalam kesempatan yang sama.
(aik/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed