DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 01:29 WIB

Laporan Dari Jeddah

Gelombang Kedua Dimulai, Jemaah Jatim Pertama Tiba di Jeddah

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Gelombang Kedua Dimulai, Jemaah Jatim Pertama Tiba di Jeddah Foto: Jemaah Jatim Pertama Tiba di Jeddah. (Dok Media Center Haji)
Jeddah - Gelombang kedua pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia ke Arab Saudi dimulai Sabtu (12/8/2017). Jemaah tak mendarat di Madinah sebagaimana gelombang pertama tapi di Jeddah.

Jemaah asal Jawa Timur, kelompok terbang (kloter) 44 Embarkasi Surabaya (SUB 44) menjadi rombongan pertama yang tiba di Jeddah. Pesawat yang membawa 450 jemaah SUB 44 tiba di King Aziz International Airport pada pukul 08.45 Waktu Arab Saudi (WAS). Kemudian disusul kloter 45 (SUB 45).

Seremoni penyambutan digelar di bandara. Hadir di antaranya Duta Besar untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Direktur Muasassah Wilayah Asia Tenggara Mohammad Amin Hasan Indragiri, Konjen RI Jeddah Mohammad Hery Saripuddin. Kemudian ada juga Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, Ketua PPIH Ahmad Dumiyathi Bashori, Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat, dan lain-lain.

 Gelombang Kedua Dimulai, Jemaah Jatim Pertama Tiba di JeddahFoto: Jemaah Jatim Pertama Tiba di Jeddah. (Dok Media Center Haji)

Agus Maftuh memperkenalkan Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) dipimpin oleh Ahmad Dumiyathi, yang membawahi beberapa tim dari sejumlah instansi. Seperti Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan lain-lain. Semuanya memiliki komitmen untuk melayani jemaah.

Agus kemudian mengucapkan selamat datang kepada jemaah. "Selamat datang kepada jemaah di negeri yang Allah jamin keamanannya," ucapnya, Sabtu (12/8/2017).

Agus menambahkan pada musim haji semua pejabat diplomatik adalah pelayan Allah SWT. "Bapak Ibu jangan sungkan jika ada hal kurang berkenan. Tolong kami dijewer, karena kita menempatkan sebagai pelayan bukan pejabat," ujar Agus disambut tawa jemaah.

Kedatangan jemaah lebih cepat dari jadwal awal. "Alhamdulillah semua berjalan lancar. Bahkan kedatangan lebih cepat 1 jam," ujar Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat dalam kesempatan yang sama.

 Gelombang Kedua Dimulai, Jemaah Jatim Pertama Tiba di JeddahFoto: Jemaah Jatim Pertama Tiba di Jeddah. (Dok Media Center Haji))

Ada 16 kloter yang dijadwalkan terbang mulai besok dari Tanah Air dan akan mendarat di Jeddah mulai hari ini. Berikut data lengkap kedatangan:

1. Kloter 44 sampai 46 Embarkasi Surabaya (SUB 44, SUB 45, dan SUB 46)
2. Kloter 38 sampai 51 Embarkasi Solo (SOC 48, SOC 49, SOC 50, dan SOC 51)
3. Kloter 48 sampai 51 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 48, JKS 49, JKS 50, dan JKS 51)
4. Kloter 9 Embarkasi Palembang (PLM 09)
5. Kloter 15 Embarkasi Medan (MES 15)
6. Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP 01)
7. Kloter 14 Embarkasi Padang (PDG 14).
(try/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed