DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 17:30 WIB

Lewat Dongeng, Istri Sandiaga Ajarkan Cinta Alam pada Anak

Arief Ikhsanudin - detikNews
Lewat Dongeng, Istri Sandiaga Ajarkan Cinta Alam pada Anak Istri Sandiaga mendongeng (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Istri Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, Nur Asia Sandiaga Uno mengajarkan anak-anak Pulau Tidung untuk mencintai alam. Hal itu dilakukan Nur dengan cara mendongeng.

Saat Nur mendongeng, anak-anak menggelilinginya. Mereka mendengarkan cerita tentang Penyu yang tercekik sampah.

"Jadi, karena banyaknya sampah. Penyu pun akhirnya tercekik dan tidak bisa bernafas," kata Nur, di Pulau Tidung, Sabtu (12/8/2017).


Pada akhirnya, penyu tersebut bisa diselesaikan oleh hewan-hewan lainnya.

Alasan Nur bercerita adalah untuk mengajarkan anak mencintai lingkungannya. Terutama agar membuang sampah pada tempatnya.

"Ya ini cerita agar anak-anak mencintai lingkungannya. Menyelematkan penyu dari sampah. Jadi mendidik anak-anak agar mencintai lingkungannya," ujar Nur.

Bagi Nur, dongeng dan cerita merupakan cara ampuh untuk memberikan pelajaran kepada anak. Anak-anak dengan cepat akan memahami masalah yang diceritakan.

"Tadinya kukira mereka enggak memperhatikan. Ternyata begitu cerita, mereka sangat menyimak. Selain itu, mereka juga cepat tanggap, cepat paham," puji Nur.


Bagi Nur, pendidikan tentang kebersihan bukan hanya akan diberikan kepada anak-anak. Para orang tua akan diberikan pemahaman tentang menjaga kebersihan wilayah pantai, dan kepulauan.

"Cuma, ini kan tidak bisa jika tidak dibarengi dengan kemampuan orangtuanya. Makanya kita mau ada nanti semacam kursus bagi orangtua juga," tambahnya.
(rna/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed