DetikNews
Jumat 11 Agustus 2017, 20:32 WIB

Rapungkan 292 RPTRA, Pemprov DKI Ajukan Raperda

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rapungkan 292 RPTRA, Pemprov DKI Ajukan Raperda Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan merampungkan 292 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) pada akhir 2017. Pemprov akan segera mengajukan rancangan peraturan daerah (raperda) untuk mengatur fungsi RPTRA.

"Karena banyak, ya nanti akhir tahun jumlahnya 292 (RPTRA). Kalau nggak ada dasar hukum yang jelas, kan bahaya. Nanti dieksekusi warga dan sebagainya, bagaimana dengan pembiayaan yang jagain. Apalagi sekarang mulai tumbuh pemberdayaan dan sebagainya, ya itu harus kita buat," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana DKI Dien Emmawati di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Dien menyebut RPTRA sangat diminati oleh warga Jakarta. Ada ratusan warga yang mengunjungi RPTRA setiap harinya.

"Ini sangat diminati masyarakat, rata-rata kunjungan minimal 280 per hari. Bahkan Kalijodo 2.000 orang per hari," katanya.

"Nah, itu harus dikelola dengan baik supaya masyarakat tetap bisa menggunakan RPTRA dengan nyaman, kualitasnya bagus. Kemudian pemberdayaan muncul, ekonominya berkembang di sekitarnya," sambungnya.

Dien menjelaskan, sebelumnya RPTRA diatur oleh pergub. Pihaknya mengatakan peran 11 SKPD yang terlibat harus diatur dengan raperda yang ditargetkan selesai pada 19 Agustus.

"Karena kan peran SKPD-nya banyak banget, 11 tuh. Kalau nggak perda, kan susah, siapa yang mau mengontrol dengan SKPD itu?" paparnya.

Pengelolaan RPTRA nantinya diserahkan kepada pihak kelurahan. "Lurah ya asetnya ditempelin lurah, lurah yang tanggung jawab," katanya.
(fdu/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed