DetikNews
Jumat 11 Agustus 2017, 17:24 WIB

Maling Gunakan Kartu Kredit Spri Istri JK untuk Beli Emas

Mei Amelia R - detikNews
Maling Gunakan Kartu Kredit Spri Istri JK untuk Beli Emas Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta - Pelaku pencurian di rumah Ines Sukandar, sekretaris pribadi (Spri) Mufidah Jusuf Kalla (istri Wapres Jusuf Kalla), menggunakan kartu kredit korban untuk berbelanja. Kartu kredit korban itu di antaranya digunakan untuk membeli sejumlah perhiasan emas.

"Tersangka Budiman (34) ini kan mengambil kartu kredit korban, kemudian kartu kredit itu digunakan tersangka untuk membeli sejumlah perhiasan emas," ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan kepada detikcom, Jumat (11/8/2017).

Baca juga: Polisi Tangkap Maling Laptop di Rumah Sekretaris Istri JK

Tersangka menggunakan kartu kredit korban untuk berbelanja perhiasan emas di sebuah toko emas di kawasan Jakarta Utara pada hari yang sama setelah mencuri, 7 Agustus lalu. Total emas yang dibeli tersangka senilai Rp 14 juta lebih.

"Perhiasan emas hasil pencurian tersangka sudah kita sita," imbuhnya.

Tersangka juga sempat menjual emas seberat total 38,4 gram yang dibelinya dari toko emas di kawasan Pluit, Jakarta Utara, kepada tersangka Hendrianto. "Tersangka Hendrianto ini menerima emas hasil kejahatan dari tersangka Budiman. Dia juga sudah kami tangkap karena menadah barang curian," sambungnya.

Baca juga: Rumah Spri Mufidah JK Kemalingan, Laptop hingga Kartu Kredit Raib

Sementara itu, MacBook dan handphone Samsung milik korban dijual Budiman kepada Darmawan. Tersangka Darmawan ditangkap di Kembangan, Jakarta Barat.

Budiman mencuri di rumah korban ketika korban sedang mandi. Saat hendak ke luar rumah korban, tersangka sempat berpapasan dengan pembantu korban.

"Modus tersangka ini mencari sasaran di rumah elite yang pintunya terbuka. Kalau ketahuan sama penghuni rumah, nanti dia pura-pura mau tanya alamat," tuturnya.
(mei/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed