Marak Cerai dan KDRT, Kemenag Buat Program Pembinaan Pranikah

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Jumat, 11 Agu 2017 12:36 WIB
Foto: Menag Lukman Hakim Saifuddin (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama dalam Pembangunan Nasional. Sejumlah program akan dibahas dalam rapat itu, salah satunya pembinaan untuk calon pengantin.

"Pertama adalah kursus bagi calon pengantin, pendidikan pranikah sebenarnya. Intinya kita sangat prihatin angka perceraian terus naik, KDRT juga grafiknya terus naik. Pada ujungnya kita merasa betapa terjadi degradasi pemaknaan masyarakat terhadap pernikahan. Padahal kita tahu pernikahan sesuatu yang sakral," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (11/8/2017).

Lukman mengatakan setiap orang yang mengikuti program itu nantinya akan diberikan sertifikat. Program itu diharapkan mampu memberikan kesiapan mental dan wawasan kepada calon pengantin.

"Jadi harapannya yang mau nikah sudah memiliki sertifikat atau bukti pernah mengikuti pendidikan pranikah itu. Sehingga siapapun tidak bisa menikah begitu saja. Selain kesiapan finansial yang tidak kalah penting adalah kesiapan mental dan kesiapan wawasan," ujarnya.

Selain itu, Kemenag juga akan mengembangkan Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah-daerah. Lukman menilai di berbagai daerah masih ada yang belum memiliki KUA.

"Banyak KUA kita yang tidak hanya perlu di renovasi bahkan belum ada sama sekali hasil dari pemekaran suatu daerah. Maka kita siasati dengan membangun gedung baru dalam kaitannya dengan manasik haji dan balai nikah," pungkasnya. (abw/rvk)