DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 18:49 WIB

Di Depan Pelajar, Wali Kota Semarang Serukan Pengamalan Pancasila

Niken Widya Yunita - detikNews
Di Depan Pelajar, Wali Kota Semarang Serukan Pengamalan Pancasila Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Foto: Dok Pemkot Semarang)
Jakarta - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bertemu dengan pelajar SMA se-Kota Semarang. Hendrar meminta pelajar mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila jangan hanya dijadikan hafalan di luar kepala saat upacara bendera saja," ujar Hendrar dalam keterangan tertulis dari Pemkot Semarang, Kamis (10/8/2017).

Hendrar menggelar pertemuan dengan pelajar di Gedung Juang 45, jalan Pahlawan, Semarang, hari ini. Wali kota yang akrab disapa Hendi tersebut meminta para siswa-siswa SMA di Kota Semarang untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam pergaulan sehari-hari.

Wali kota yang tahun ini mendapat penghargaan sebagai pembina kerukunan umat beragama dari Kementerian Agama ini melanjutkan Indonesia dapat menjadi negara yang utuh dan besar sampai sekarang berkat Pancasila. Pancasila digagas Bung Karno sehingga sebagai penerus bangsa masyarakat wajib menjadikan Pancasila sebagai sebuah ideologi.

Dikatakan Hendrar, nilai-nilai Pancasila begitu lengkap dan berkembang mengikuti zamannya. Nilai Pancasila mengajarkan bahwa keberagaman dan kebhinekaan merupakan kekuatan bangsa.

Dirinya mencontohkan di Kota Semarang, walaupun penduduknya multi etnis serta keyakinan agama budayanya berbeda-beda namun tetap kokoh. Hal ini karena masyarat Kota Semarang mengimplemenasikan nilai-nilai Pancasila dengan saling menghormati dan menghargai antar sesama.

"Berdirinya Patung Laksamana Cheng Ho di Sam Poo Kong menjadi bukti bahwa keberagaman itu indah," tegas Hendrar.

Di akhir acara Hendrar membagikan kartu Tap Cash Semarang Hebat kepada 6 siswa-siswi yang berhasil menjawab pertanyaan darinya. Kartu ini rencananya akan di-launching bertepatan saat peringatan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus mendatang.
(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed