DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 18:42 WIB

Stasiun Jurangmangu yang Katanya Mirip Amsterdam, Masa Sih?

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Stasiun Jurangmangu yang Katanya Mirip Amsterdam, Masa Sih? Stasiun Jurangmangu (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Tangerang Selatan - Stasiun Jurangmangu, Tangerang Selatan, jadi perbincangan di media sosial. Stasiun ini dibandingkan dengan di Amsterdam, Belanda. Wah kayaknya beda jauh deh.

Banyak beredar postingan di Facebook tentang Stasiun Jurangmangu yang dikatakan seperti stasiun di Amsterdam. detikcom pun menyambangi stasiun ini pada Kamis (10/9/2017) sekitar pukul 16.30 WIB.

Terdapat dua akses masuk ke stasiun Jurangmangu, yakin dari Jalan Cendrawasih dan Jalan Lingkar Bintang Xchange. Jika penumpang datang dari Jalan Lingkar Bintaro Xchange, mereka akan berjalan melewati kolong Tol Jakarta-Serpong.

Stasiun Jurangmangu yang Katanya Mirip Amsterdam, Masa Sih?Tangga stasiun (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Terdapat aliran sungai kecil berada di sisi akses pejalan kaki. Di pinggir jalan itu juga tumbuh tanaman hias yang menempel pada pagar jalan. Sebelum sampai di loket stasiun, penumpang akan menyeberang jembatan sepanjang 4 meter.

Jembatan itu melintang di atas aliran air yang mengalir dari arah timur ke barat. Setelah melintasi jembatan, para penumpang akan menaiki tangga untuk mencapai loket. Tangga ini dilengkapi atap kanopi berwarna biru.

Jembatan dan tangga serupa juga terdapat di akses masuk dari Jalan Cendrawasih. Tinggi tangga dan panjang jembatan terlihat sama dibandingkan dengan jalur sebelumnya. Jalan pedestrian yang ada tampak sedang ada perbaikan dengan beberapa tumpukan karung tanah.

Stasiun Jurangmangu yang Katanya Mirip Amsterdam, Masa Sih?Pedestrian (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Memang sih ada fasilitas jalan pedestrian dan tanaman hias. Tapi ini sih masih jauh kalau dibandingkan dengan stasiun Amsterdam yang malah lebih mirip dengan Stasiun Jakarta Kota. Penumpang pun tidak menyadarinya.

"Saya nggak tahu kalau jadi viral. Tapi kalau dibandingin sama di Amsterdam ya bersihan sana lah ya," kata Wito, salah seorang penumpang saat ditemui di lokasi.

Stasiun Jurangmangu yang Katanya Mirip Amsterdam, Masa Sih?Pedestrian di kolong rel (Ahmad Bil Wahid/detikcom
Komentar serupa juga dilontarkan Widi. Menurutnya Stasiun Jurangmangu memang asri tapi belum sebanding dengan yang ada di luar negeri.

"Kalau dibandingkan yang ada di Jabodetabek sih mungkin ini lumayan bagus ya. Tapi kalau sama yang di luar negeri kayanya masih kalah," kata Widi.
(abw/fay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed