DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 10:35 WIB

Temui Jokowi, Adhyaksa Dault akan Klarifikasi soal HTI

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Temui Jokowi, Adhyaksa Dault akan Klarifikasi soal HTI Adhyaksa Dault (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menemui Presiden Jokowi di Istana. Selain mengundang Jokowi untuk acara Raimuna Nasional, Adhyaksa akan memberikan klarifikasi soal sikapnya yang dianggap mendukung ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Itu pasti (diklarifikasi), pasti, pasti. Tapi nanti ya (penjelasannya) setelah ini," kata Adhyaksa sesaat sebelum memasuki ruang tunggu tamu Presiden di kompleks Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).

Adhyaksa pernah menghadiri acara HTI pada 2013. Kehadiran Adhyaksa sebagai undangan itu kemudian dianggap sebagai sebuah dukungan terhadap ideologi HTI yang mengusung sistem khilafah.

Dana bantuan Kemenpora sebesar Rp 10 miliar untuk Gerakan Pramuka sempat ditahan lantaran Menpora Imam Nahrawi menganggap Adhyaksa mendukung HTI. Sementara itu, organisasi HTI kini sudah dibubarkan pemerintah karena tak sesuai dengan Pancasila. HTI mengusung sistem khilafah, sedangkan Pancasila berisi nilai sistem demokrasi.

[Gambas:Video 20detik]

Namun kini dana bantuan itu sudah dicairkan. Meski demikian, biaya pelaksanaan Raimuna Nasional masih memakai anggaran rutin tahunan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Raimuna Nasional 2017 akan dibuka pada 14 Agustus mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Presiden Jokowi akan membuka acara itu sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saat ini peserta dari Papua, Maluku, NTT sudah di Cibubur," imbuh Adhyaksa.
(bpn/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed