DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 10:22 WIB

Menengok Latihan Paskibraka HUT RI Ke-72 di Cibubur

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Menengok Latihan Paskibraka HUT RI Ke-72 di Cibubur Menengok latihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta Timur. (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 68 putra dan putri terbaik dari berbagai provinsi di Indonesia kini tengah dilatih menjadi tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Mereka akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam peringatan kemerdekaan 17 Agustus nanti.

Berdasarkan pantauan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2017), para peserta telah berlatih sejak pukul 07.00 WIB. Mereka dilatih disiplin baris-berbaris hingga kekompakan dalam tim.

Menengok latihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta TimurMenengok latihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta Timur. (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)


Pelatih terlihat melatih mereka agar kompak balik kanan, hadap kiri-kanan, hingga jalan di tempat dalam berbaris. Tak jarang para peserta ditegur dan bahkan dihukum push-up karena tidak rapi. Setiap perintah yang diberikan pelatih harus dicerna dengan baik dan langsung dilaksanakan peserta.

"Saya harap kalian mendengar dengan baik setiap perintah, masukkan ke otak dengan baik dan dengarkan pakai telinga dengan saksama," ujar salah seorang pelatih kepada peserta.

Menengok latihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta TimurMenengok latihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta Timur. (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)


Kurang-lebih satu jam peserta dilatih jalan di tempat hingga langkah tegak maju. Latihan kemudian berlanjut ke sebuah lapangan di kompleks PPPON.

Di lapangan, peserta langsung menjalani latihan untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Mereka dibagi menjadi dua tim dan setiap tim akan bergantian mengibarkan serta menurunkan bendera.

Selain itu, mereka melakukan simulasi latihan mengambil dan menyerahkan bendera kepada presiden. Di lapangan telah disediakan panggung untuk peserta latihan menghadap presiden.
(nvl/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed