5 Hari Hilang, Nelayan di Aceh Ditemukan Terapung 250 Mil dari Pantai

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 09 Agu 2017 03:23 WIB
Foto: Ilustrasi orang hilang oleh Mindra Purnomo/detikcom
Lhokseumawe - Jamaluddin alias Wak Din (47), seorang nelayan asal Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, dilaporkan hilang saat memancing ikan di laut. Lima hari berselang Jamaluddin ditemukan dalam kondisi selamat sekitar 250 mil dari bibir pantai.

Panglima Laot (ketua adat laut) Lhok Pusong Lhokseumawe Rusli Yusuf membenarkan Jamaluddin yang diketahui hilang saat berada 30 mil dari bibir pantai Rancong itu telah ditemukan di atas perairan Sigli, Kabupaten Pidie. Jamaluddin ditemukan mengapung di atas fiber di tengah laut.

"Benar nelayan atas nama Jamaluddin yang dilaporkan hilang saat sedang memancing di laut telah di temukan oleh nelayan di perairan Sigli dengan selamat sekira pukul 15.00 WIB tadi," kata Rusli kepada detikcom, Selasa (8/8/2017).

Rusli menyebutkan ikhwal penemuan tersebut diperolehnya dari nelayan yang pulang melaut.

"Saat ini korban sedang dibawa pulang ke Lhokseumawe. Jaraknya sangat jauh dan perlu waktu lama untuk sampai di daratan," sebut Rusli.

Berdasarkan informasi dari nelayan yang menemukan, Jamaluddin saat ditemukan ada dalam kondisi lemas dan dehidrasi. Dia terapung dan menyelamatkan diri dengan fiber bawaannya sedangkan kapalnya rusak dan tenggelam.

Diberitakan sebelumnya, Wak Din dilaporkan hilang saat pergi memancing di lepas pantai kawasan setempat, Kamis (3/8/2017) lalu. Wak Din diduga hilang karena dihantam ombak akibat cuaca buruk yang melanda kawasan itu akhir-akhir ini. (rna/rna)