DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 22:14 WIB

Optimisme Anies Baswedan untuk Pilkada Indonesia ke Depan

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Optimisme Anies Baswedan untuk Pilkada Indonesia ke Depan Anies Baswedan di Bidakara. (Heldania Ultri Lubis/detikcom)
Jakarta - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan optimistis penyelenggaraan pilkada di Indonesia akan semakin baik. Menurutnya, Indonesia punya penyelenggara pilkada yang berpengalaman dan matang.

"Tradisi pemilu kita sudah panjang. Karena itu, saya optimistis, bukan hanya Pilkada DKI yang akan semakin baik, namun juga pilkada di seluruh Indonesia akan menunjukkan konsolidasi demokrasi yang semakin baik ke depan," ujar Anies dalam sambutannya di acara penghargaan kepada para stakeholder oleh KPU DKI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2017).

Anies mengatakan Indonesia sebagai negara demokrasi termasuk salah satu negara di dunia yang terbilang baru menjalankan pemilu. Namun, kata Anies, Indonesia patut berbangga karena memiliki warga negara yang terampil dan matang dalam menyelenggarakan pemilu.

"Indonesia itu mempesona karena kita punya WNI yang terampil dan matang dalam menyelenggarakan pemilu. Indonesia mampu menjalankan pemilu dengan baik di saat negara-negara demokrasi baru lainnya menghadapi banyak tantangan karena warga negaranya yang tidak cukup terampil," sebutnya.

Anies dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa Pilkada DKI dapat berjalan sukses bukan semata karena orang-orang tertentu saja, namun berkat kerja keras semua pihak. Pihak itu, kata Anies, memang tak selalu tersorot, namun sumbangsihnya besar dan nyata.

"Semua perhelatan pilkada dan kampanye itu penuh ingar-bingar dan lampu sorot luar biasa. Seperti panggung ini, seluruh mata melihat ke panggung dan menyaksikan satu per satu pidato dan penerima penghargaan," tuturnya.


"Terkadang kita lupa bahwa acara ini bisa berlangsung bukan karena yang berada di panggung, namun mereka-mereka yang memastikan lampu sorot ini menyala, AC berjalan dengan baik. Mereka yang bekerja dalam sunyi, terkadang tak tampak, namun merekalah yang memastikan bahwa acara ini berjalan dengan lancar," tambahnya.

Untuk itu, Anies menyebut penghargaan yang diberikan oleh KPU DKI sebagai penanda bahwa kerja keras yang dilakukan semua pihak sangat penting dan memiliki arti besar.

"Barangkali ini penanda atas kerja keras mereka yang bekerja dalam sunyi dan alhamdulillah memberikan manfaat besar dan kemaslahatan di Indonesia, khususnya di Jakarta," tutup Anies.
(hld/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed