DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 17:26 WIB

Jadi Calon Hakim Agung 'Termiskin', Ali Didukung Kampus

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Jadi Calon Hakim Agung Termiskin, Ali Didukung Kampus Ali Hanafiah (wildan/detikcom)
Jakarta - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta mendukung total Ali Hanafiah menjadi hakim agung. Dari 14 nama yang lolos ke wawancara terbuka, Ali menjadi calon hakim agung dengan kekayaan paling sedikit, alias paling 'miskin'.

"Yang jelas, sebenarnya karir kita semua orang ingin sampai pengabdian di tempat yang tepat, tempat yang lebih baik. Mungkin awalnya di kampus, aktif di lembaga kemasyarakatan atau bahkan ada beberapa dosen kita yang diminta oleh negara untuk bertugas di komisi-komisi, misalnya di Komnas HAM, KPAI. Nah, kita dari kampus itu kita support secara pribadi," kata Kepala Jurusan Hukum UIN, Halim saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (8/8/2017).


Di mata teman-temannya, Ali dikenal sebagai orang yangs sederhana dan mudah bergaul. Selain itu, Ali juga selalu menjalankan kewajibannya sebagai dosen dengan penuh tanggung jawab.

"Beliau orangnya sangat komunikatif," ujar Halim.

Saat dibuka seleksi hakim agung, Ali malah mengajak teman-temannya untuk ikut mendaftar. Ali bukannya takut punya saingan, malah ia berharap semakin banyak yang mendaftar maka Mahkamah Agung akan semakin banyak peluang mendapatkan hakim agung yang profesional.

"Malah beliau mengajak semua teman-teman, informasi-informasi diberikan kepada teman-temannya dan sifatnya semakin banyak yang terlibat semakin banyak calon mungkin akan lebih bisa memilih yang terbaik. Ya dia termasuk mengajak kami," tutur Halim.

Kini nama Ali digodok Komisi Yudisial (KY) -- bersaing dengan 5 calon hakim agung kamar perdata-- apakah dinilai layak atau tidak menjadi hakim agung. Bila lolos, maka namanya disodorkan ke DPR untuk disetujui menjadi hakim agung.
(asp/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed