DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 13:16 WIB

Jokowi Panggil Jajaran Menteri ke Istana, Ada Apa?

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Panggil Jajaran Menteri ke Istana, Ada Apa? Presiden Jokowi (Foto: Pool/Puspen TNI)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri Kabinet Kerja ke Istana Kepresidenan. Para menteri itu masuk ke istana melewati pintu belakang. Ada apa?

Dari pantauan sejak pukul 10.30 WIB, Selasa (8/8/2017), beberapa menteri tampak masuk ke istana. Namun mereka masuk ke istana melalui pintu belakang.

Tak begitu lama, sekitar 30 menit kemudian, satu per satu para menteri itu pun keluar. Tampak Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto keluar bersamaan. Namun mereka enggan menjelaskan maksud kedatangannya ke istana.

Jokowi Panggil Jajaran Menteri ke Istana, Ada Apa?Deretan mobil menteri di Istana (Foto: Ray Jordan/detikcom)

"Nanti sama Pak Menko saja," kata Enggartiasto.

Selain mereka berdua, para menteri yang hadir yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Giliran selanjutnya yang keluar yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution. Dia mengaku kehadirannya bertemu Jokowi untuk membahas soal percepatan investasi.

"Bapaknya cuma ngomong gimana mempercepat investasi pelaksanaannya supaya investasi masuk. Memang ada beberapa proyek yang oleh bapaknya supaya dberikan perhatian. Yang sebenarnya sudah proyek lama," katanya.

Sementara itu, Jonan tak mau menejelaskan soal pertemuannya itu. Dia hanya mengaku bertemu Jokowi untuk agenda internal. Untuk diketahui, pertemuan antara Jokowi dengan sejumlah menteri ini memang tidak ada dalam agenda resmi presiden.

"Nggak tahu. Judulnya intern. Tanya saja Pak Darmin," kata Jonan.

Menteri Rini mengaku pertemuan tersebut membahas soal investasi, senada dengan apa yang disampaikan Darmin.

"Ini bahas investasi secara menyeluruh saja," katanya.

Sedangkan Menko Kemaritiman Luhut Binsar menjelaskan, dia dan beberapa menteri dipanggil oleh Presiden untuk membahas soal percepatan proyek yang ada.

"Tadi Presiden minta kepada kami semua untuk semua proyek-proyek yang ada dipercepat, dipermudah prosesnya. Jadi itu perintahnya," katanya.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, kehadirannya ke Istana bertemu Jokowi membahas soal Rakornas Karhutla. Dia membantah jika pertemuan itu juga diikuti oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Masih bahas soal yang kemarin-kemarin. Soal persiapan Rakornas Karhutla. Kan, musti cek kesiapan pak," ucapnya.
(jor/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed