detikNews
Senin 07 Agustus 2017, 16:44 WIB

50 Hektare Lahan Terbakar, Kapolda Sumsel: Pelaku Ditindak Tegas

Raja Adil Siregar - detikNews
50 Hektare Lahan Terbakar, Kapolda Sumsel: Pelaku Ditindak Tegas Foto: Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengecek lokasi kebakaran lahan. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Ogan Ilir - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Agung Budi Maryoto meninjau lokasi lahan terbakar di Ogan Ilir. Agung memerintahkan jajarannya untuk menangkap pelaku.

Hari ini, 50 hektare lahan gambut terbakar di Ogan Ilir. Menurut Agung, lahan gambut yang mudah terbakar dikhawatirkan akan meluas apabila terus dilakukan pembakaran oleh orang yang tidak tanggung jawab.

"Lahan gambut ini kan mudah terbakar, kalau dibiarkan akan terulang lagi seperti tahun 2015. Namun, kita tidak akan gegabah dengan menegakkan hukum tanpa alat bukti yang lengkap," ujar Agung saat meninjau 50 hektare lahan yang terbakar di Ogan Ilir, Senin (7/8/2017).


Agung mengatakan, pihaknya tidak ingin gegabah seperti yang terjadi di Riau. Karena jika itu terjadi, akan berdampak pada penegakan hukum yang tidak maksimal.

"Kita contohkan Riau, itu hasilnya tidak maksimal dan akhirnya tidak selesai. Jadi saya sudah perintahkan Kapolres Ogan Ilir untuk melakukan penyidikan terhadap siapa pemilik tanahnya, apakah melakukan pembakaran ini disengaja atau tidak," sambungnya.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengecek lokasi kebakaran lahan.Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengecek lokasi kebakaran lahan. Foto: Raja Adil Siregar/detikcom


Saat ini, Polres Ogan Ilir telah menangkap 2 pelaku pembakaran lahan. Keduanya tertangkap tangan saat tim Satgas Karhutla Polres Ogan Ilir melakukan patroli.

Beberapa barang bukti berupa alat-alat yang digunakan untuk membakar turut diamankan Polisi seperti korek api, jeriken berisi minyak dan lainnya. Selain menangkap pelaku, Polisi juga akan terus melakukan sosialisasi secara berkala.

"Sosialisasi akan terus kita lakukan dengan bantuan masyarakat peduli api. Tapi kalau masih ada yang tetap melakukan pembakaran, akan kita tindak tegas," tutupnya.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengecek lokasi kebakaran lahan.Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengecek lokasi kebakaran lahan. Foto: Raja Adil Siregar/detikcom


Untuk diketahui, hari ini 2 hotspot terpantau di wilayah Ogan Ilir dan sedang dilakukan pemadaman dengan 2 helikopter water bombing serta bantuan tim darat.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed