DetikNews
Senin 07 Agustus 2017, 13:47 WIB

Laporan Dari Madinah

Bahaya bagi Pemegang Visa Umrah 'Nyusup' Ikut Haji, Jangan Nekat!

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Bahaya bagi Pemegang Visa Umrah Nyusup Ikut Haji, Jangan Nekat! Konsul Jenderal RI Jeddah M Hery Saripuddin dan Kadaker Madinah Amin Handoyo (berkaus putih). Fotografer: Triono/detikcom
FOKUS BERITA: Haji 2017
Madinah - Pemerintah Arab Saudi sangat ketat dalam mengawasi haji. Yang berhaji tanpa visa atau menggunakan visa kunjungan dan umrah bakal didenda hingga ditahan. Jadi, jangan coba-coba!

Dalam beberapa hari terakhir, beredar screenshot imbauan dari sebuah maskapai bahwa tidak ada kunjungan dan bisnis via Jeddah dan Madinah mulai 2 Agustus hingga 1 September 2017. Sekadar diketahui, Jeddah dan Madinah merupakan pintu masuk ke Tanah Suci: Mekah dan Madinah. Berdasarkan imbauan itu, penerbangan ke Arab Saudi untuk sementara dialihkan ke Riyadh dan Dammam.

Benarkah imbauan itu? Apakah itu sekadar imbauan, ancaman, atau malah pepesan kosong? Konsul Jenderal RI di Jeddah, M Hery Saripuddin, mengatakan peraturan tersebut benar adanya. Biasanya warning itu disampaikan menjelang masa haji.

"Kami imbau jangan coba-coba masuk (Tanah Suci) tanpa tasrih (izin beribadah haji). Urusannya panjang," kata Hery, Senin (7/8/2017).

Tahun lalu, ungkap Hery, ada 3-4 mahasiswa dan rombongan umrah yang kepergok berhaji tanpa visa. Mereka didenda dan sempat ditahan karena tidak langsung membayar denda. KJRI ikut mendampingi.

"Dendanya 15 ribu riyal per orang," kata pria kelahiran Indramayu yang sebelumnya bertugas di Amerika Serikat ini.

Menurut hukum Saudi, orang yang berhaji tanpa tasrih dapat diancam hukuman minimal 6 bulan penjara. Juga dicekal masuk Saudi selama 10 tahun.

Jemaah haji Indonesia yang tiba di Madinah, sejak Jumat 28 Juli hingga saat ini, berjumlah 67 ribuan. Sebagian kecil di antaranya mulai digeser ke Mekah untuk persiapan mengikuti prosesi haji pada akhir Agustus mendatang. Pada saat bersamaan, jemaah haji dari Tanah Air terus berdatangan ke Madinah. Berdasarkan kuota, total jemaah haji Indonesia tahun ini mencapai 221 ribu orang.
(try/aan)
FOKUS BERITA: Haji 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed