DetikNews
Senin 07 Agustus 2017, 10:18 WIB

Mengaku Ingin Urus Rakyat, PKB Belum Mau Bicarakan Pilpres 2019

Dewi Irmasari - detikNews
Mengaku Ingin Urus Rakyat, PKB Belum Mau Bicarakan Pilpres 2019 Wasekjen PKB Daniel Johan (Dok. Istimewa)
Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum menentukan sikap untuk Pilpres 2019. Disampaikan Wakil Sekjen PKB Daniel Johan, partainya tidak mau mengganggu kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan buru-buru membicarakan pilpres.

"Agar tidak ganggu konsentrasi kinerja pemerintah," kata Daniel dalam keterangan tertulis, Senin (7/8/2017).

Meskipun saat ini PKB adalah partai pendukung pemerintah, Daniel belum bisa memastikan apakah PKB akan kembali mengusung Jokowi atau tidak. Saat ini, kata Daniel, PKB masih fokus mengurusi rakyat.

"Kami fokus urusi rakyat saja agar pemerintahan berhasil. Masalah capres sama sekali belum dibahas," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.


Selain ingin fokus mengawal jalannya pemerintah, PKB masih ingin fokus menghadapi Pilkada 2018. Seusai pilkada serentak, barulah PKB akan fokus menghadapi pemilu legislatif dan pemilu presiden, yang juga akan digelar secara serentak pada 2019.

"Kita urusi rakyat sukseskan pemerintahan ini dulu dan pilkada tahun depan," ucap Daniel.

Sebelumnya, Partai Hanura, yang juga mendukung pemerintah, telah resmi mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju kembali dalam Pilpres 2019. Melalui surat resmi, Hanura mengajak seluruh kader memenangkan Jokowi.

Surat tersebut tertuang dengan nomor Kep/10/Rapimnas 1/Hanura/VIII/2017, yang dibacakan saat Rapimnas berlangsung. Dalam surat tersebut terdapat dua pasal yang ditujukan untuk menginstruksikan para kader memberi dukungan penuh kepada Jokowi maju dalam Pilpres 2019.



"Pasal satu, menyatakan dukungan kepada Joko Widodo sebagai capres pada Pilpres 2019," tutur Waketum Hanura I Gede Pasek di hadapan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) beserta para pejabat dan pimpinan DPD di lokasi acara Rapimnas Hanura di Hotel Stone, Legian, Badung, Bali, Sabtu (5/8).

Selain Hanura, beberapa partai pendukung pemerintah sudah mendeklarasikan kembali mendukung Jokowi pada 2019. Yakni Golkar, PPP, dan NasDem. Perindo, meski belum menyatakan sikap resmi, sudah menyatakan siap mendukung Jokowi.

"Pasal dua, menugaskan seluruh jajaran partai untuk melaksanakan keputusan sebagaimana pasal 1 dan mewajibkan untuk mensosialisasikan, memperjuangkan, mengamankan, dan mengajak rakyat Indonesia untuk memenangkan Pilpres 2019," tambah Pasek.
(irm/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed