DetikNews
Minggu 06 Agustus 2017, 18:24 WIB

120 Hektare Lahan Terbakar di Ogan Ilir, Kabut Asap Ganggu Warga

Raja Adil Siregar - detikNews
120 Hektare Lahan Terbakar di Ogan Ilir, Kabut Asap Ganggu Warga Foto: Satgas Karhutla saat melakukan pemadaman di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Dok. Korem Garuda Dempo/044 Palembang)
Ogan Ilir - Sejak dua hari terakhir ada 120 hektare lahan gambut terbakar di Desa Arisanjaya, Ogan Ilir, Sumsel. Kabut asap mengganggu pernapasan dan jarak pandang warga.

Warga yang tinggal di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir mulai mengkhawatirkan kondisi lahan gambut yang terus terbakar akan berdampak seperti pada tahun 2015 lalu. Hal tersebut bisa mengakibatkan kabut asap yang dapat mengganggu aktifitas warga.

120 Hektare Lahan Terbakar di Ogan Ilir, Kabut Asap Ganggu WargaFoto: Satgas Karhutla saat melakukan pemadaman di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Dok. Korem Garuda Dempo/044 Palembang)

"Dari kemarin sore sampai tadi pagi itu asap sudah mulai terlihat tebal dan berpengaruh pada jarak pandang. Tentu kami khawatir kalau ini terus terjadi akan terulang lagi seperti tahun 2015 dimana untuk bernafas dan melihat saja terbatas," ujar Ujang kepada detikcom, Minggu (6/8/2017).


Meski demikian, pria kelahiran 35 tahun silam ini tetap berusaha memadamkan api bersama petugas dengan peralatan seadanya. Dia berharap kebakaran hutan dan lahan bisa cepat diatasi dan tidak menimbulkan asap seperti dua hari ini.

Atas insiden kebakaran hutan dan lahan ini, terpantau Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto terjun langsung ke lapangan untuk melihat langsung kondisi lahan yang terbakar. Bahkan dirinya memastikan Kodam II Sriwijaya beserta jajaran akan mengupayakan koordinasi dengan pihak terkait supaya peralatan untuk membantu proses pemadaman bisa tercukupi dan api cepat dipadamkan.

120 Hektare Lahan Terbakar di Ogan Ilir, Kabut Asap Ganggu WargaFoto: Satgas Karhutla saat melakukan pemadaman di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Dok. Korem Garuda Dempo/044 Palembang)


"Semaksimal mungkin kita akan mengupayakan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait agar dukungan berupa peralatan yang dibutuhkan bisa tercukupi. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan anggota dilapangan supaya dapat hasil yang maksimal," ujar A.M Putranto saat meninjau lokasi kebakaran di Desa Arisanjaya, Ogan Ilir.

Sebagaimana diketahui, api mulai membakar lahan gambut yang ada di Ogan Ilir sejak sepekan terakhir. Sampai hari ini, teecatat ada sekitar 120 hektare lahan gambut hangus terbakar.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed