DetikNews
Minggu 06 Agustus 2017, 10:18 WIB

Adhyaksa Mengaku Sudah Ketemu Wapres JK untuk Klarifikasi Soal HTI

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Adhyaksa Mengaku Sudah Ketemu Wapres JK untuk Klarifikasi Soal HTI Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membekukan dana bantuan untuk Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka terkait Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menanggapi hal itu Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan telah menemui pemerintah dan telah memberikan klarifikasi.

"Sudah bertemu," ucap Adhyaksa usai memimpin upacara penghormatan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (6/8/2017).

Meski sudah bertemu dengan pihak pemerintah, namun dirinya belum menemui Menpora Imam Nahrawi secara personal. Yang sudah dia temui adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Baca juga: Menpora Segera Panggil Adhyaksa Minta Klarifikasi Soal HTI

"Pertemuan dengan pemerintah sudah, kalau dengan Menpora belum, Wapres juga sudah," kata Adhyaksa yang juga mantan Menpora ini.

Dana bantuan yang sempat dibekukan oleh Kemenpora itu diperuntukan bagi kegiatan Raimuna Nasional 2017. Pertemuan antara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega itu akan digelar pada bulan ini juga.

Sebelumnya Menpora Imam Nahrawi meminta Adhyaksa untuk mengklarifikasi pernyataannya dalam sebuah acara yang pernah dihelat oleh HTI. Nahrawi menyebut Adhyaksa pernah menyatakan dukungan untuk khilafah dan berujung dengan pembekuan dana bantuan kegiatan operasional Gerakan Pramuka sebesar Rp 10 miliar.

"Tapi sekali lagi harus juga ada sikap yang lebih jelas lagi nanti tentang individual yang menolak Pancasila di dalam Pramuka sendiri," ujar Nahrawi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (24/7) lalu.


(adf/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed