Hewan Mirip Ular Tapi Berkaki 4 Bikin Penasaran, Ini Jawabannya

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Minggu, 06 Agu 2017 09:22 WIB
Foto: Screenshot Instagram
Jakarta -

Sebuah video hewan mirip ular tapi berkaki 4 tersebar melalui media sosial dan menarik perhatian netizen. Hewan ini memunculkan pertanyaan, apakah dia ular, kadal, atau hewan lain?

Salah satunya yang menyebarkan video hewan ini adalah akun Instagram infia_fact. Video berdurasi sekitar 40 detik itu memperlihatkan seekor hewan mirip ular yang berjalan dengan menggunakan 4 kaki kecilnya. Akun instagram itu juga menambahkan caption yang cukup mengundang penasaran 'Ada yang tau ini hewan apaan? Mirip ular, tapi punya kaki. Ular berkaki kali yak?'.


Ada yang menjawab hewan itu merupakan kadal hingga salamander. Ada juga yang mengaku pernah melihat hewan serupa. Apa ya sebenarnya?

Ahli herpitologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy menjelaskan bahwa hewan mirip ular tersebut bukanlah ular, melainkan hewan yang termasuk dalam kelompok kadal (reptil). Dalam bahasa ilmiah, kadal ini dikenal dengan nama Lygosoma quadrupes.

"Termasuk kadal. Kalau dalam Bahasa Indonesia disebut kadal peliang (kadal ular)," jelas Amir kepada detikcom dalam pesan singkat, Sabtu (5/8/2017) malam.

Amir menyebut kadal jenis ini memang tergolong jarang bisa dilihat manusia. Pasalnya, kadal ini hidup di lapisan sarasah yang merupakan dunia kecil di atas tanah.

Lokasi ini biasanya dihuni khususnya oleh berbagai hewan dekomposer (organisme yang memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain) seperti kumbang tanah, lipan, kaki seribu, cacing tanah, kapang hingga jamur.

"Banyak ditemukan di serasah. Karena peliang memang jarang orang melihatnya," ungkap Amir.

Selain itu hewan yang habitatnya tersebar di Asia Tenggara ini, kata Amir, berproduksi dengan cara bertelur. "Berproduksi dengan cara bertelur biasa," katanya.


(hld/imk)