Petani di Aceh Temukan Senjata AK-47 di Tumpukan Kayu

Agus Setyadi - detikNews
Sabtu, 05 Agu 2017 02:20 WIB
Petani di Aceh menemukan sepucuk AK-47. (Dok. Istimewa)
Banda Aceh - Seorang petani di Aceh Barat, Aceh, Abdul Malik (39) menyerahkan sepucuk senjata api laras panjang jenis AK-47 ke polisi. Senapan itu ditemukannya di dalam tumpukan kayu di bawah sebuah gubuk.

Penyerahan senjata beserta satu magasin tanpa amunisi itu dilakukan pada Jumat (4/8/2017) sekitar pukul 05.30 WIB. Malik awalnya memberi tahu keberadaan senjata itu kepada personel Bhabinkamtibmas Pospol Panton Reu. Tak lama berselang, senapan tersebut diserahkan ke polisi dan diterima oleh Wakapolres Aceh Barat Kompol Syafrinizal.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Goenawan mengatakan senjata api jenis AK-47 dengan nomor seri AK47-B R 5618 yang diserahkan warga tersebut masih dalam kondisi baik. Senjata itu ditemukan Malik di kebun yang sedang digarapnya.

"Senjata api tersebut ditemukan dua minggu yang lalu oleh Abdul Malek dalam tumpukan kayu yang terdapat di bawah sebuah gubuk yang terletak di area lahan/kebun yang pada saat itu sedang dia garap," kata Goenawan dalam keterangan tertulis kepada detikcom.

Saat pertama kali ditemukan, senjata tersebut masih terbungkus kain. Malik selanjutnya memberitahukan barang temuannya itu kepada kepala desa dan diteruskan ke personel Bhabinkamtibmas.

"Personel Bhabinkamtibmas selanjutnya menghubungi Wakapolres Aceh Barat Kompol Syafrinizal guna melakukan proses penyerahan," imbuh Goenawan.

Belum diketahui senjata tersebut peninggalan masa konflik atau milik pelaku kriminal. Saat ini, senapan AK-47 itu sudah diamankan di Mapolres Aceh Barat. (dkp/dkp)