DetikNews
Jumat 04 Agustus 2017, 22:20 WIB

Saksi Kunci Teror Novel Sempat Merevisi Keterangan soal Sketsa

Mei Amelia R - detikNews
Saksi Kunci Teror Novel Sempat Merevisi Keterangan soal Sketsa Foto sketsa diduga penyerang Novel. (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Polisi membuat sketsa wajah terduga pelaku teror terhadap penyidik KPK Novel Baswedan berdasarkan keterangan tiga saksi. Salah satu saksi kunci, EJ, sempat mengubah keterangannya soal ciri-ciri pelaku.

"Iya betul (EJ mengubah keterangannya soal ciri-ciri pelaku). Dia terobsesi dengan gambar yang ada di media sosial, jadi dia merevisi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Saksi kunci yang dimaksud adalah saksi yang melihat terduga pelaku di Jl Boulevard, di dekat masjid tempat Novel melaksanakan salat subuh pada 11 April 2017. EJ melihat terduga pelaku berdiri di dekat kali.

Saat itu, EJ tergesa-gesa pulang lantaran kebelet buang air. "Saat dia kembali dari masjid, dia mendahului, dia melihat ada orang asing tak dikenal berdiri di samping sungai. Dia (terduga pelaku) menunduk di cuaca agak gelap," jelasnya.

Berdasarkan keterangan EJ itulah polisi kemudian membuat sketsa wajahnya. Semula, EJ menggambarkan wajah terduga pelaku setelah melihat foto-foto AL (yang sebelumnya pernah diamankan polisi).

"Saat kami tanyakan bagaimana sketsanya, kan dia sudah melihat di beberapa gambar dan media adalah wajahnya AL, dia terobsesi dengan gambar itu, jadi dia merevisi," sambungnya.

Untuk diketahui, AL sudah diamankan polisi jauh hari sebelum EJ memberikan kesaksian soal ciri-ciri wajah terduga pelaku. AL sendiri saat itu sudah dilepaskan setelah bukti-bukti menunjukkan dia memang tidak ada di lokasi saat kejadian, sesuai dengan alibinya.

AL bahkan sempat diperlihatkan ke EJ di Polsek Kelapa Gading. Saat itu, EJ yakin 80 persen bahwa AL adalah orang yang dia maksud.

Tetapi belakangan, EJ merevisi keterangannya soal ciri-ciri pelaku dan kemudian ditindaklanjuti dengan membuat sketsa wajah orang tersebut. Foto sketsa wajah yang dirilis oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian itulah yang merupakan hasil sketsa dari keterangan terakhir EJ.

"(Setelah direvisi, hasilnya) bukan AL. (EJ merevisi) karena lihat (wajah AL) di medsos itu," tandas Argo.
(mei/aik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed