DetikNews
Jumat 04 Agustus 2017, 14:46 WIB

Uji Coba Simpang Susun Semanggi Berakhir 10 Agustus

Mei Amelia R - detikNews
Uji Coba Simpang Susun Semanggi Berakhir 10 Agustus Simpang Susun Semanggi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Uji coba open traffic Simpang Susun Semanggi segera berakhir. Simpang Susun Semanggi akan dioperasionalkan mulai 17 Agustus 2017 dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Pelaksanaan uji coba ini sampai tanggal 10 (Agustus). Tanggal 10 (Agustus) ditutup, baru dibuka lagi pada 17 Agustus sekalian peresmian," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Uji coba dilakukan sekaligus untuk sosialisasi. Setelah proses uji coba berakhir, pihak kepolisian dan instansi terkait akan mengevaluasi kekurangan-kekurangan di Simpang Susun Semanggi.

Untuk masalah rambu-rambu lalu lintas, Halim mengatakan, di Simpang Susun Semanggi sudah terpasang rambu penunjuk arah. "Saya bilang kemarin, sebelum rambu-rambu lengkap, (Simpang Susun Semanggi) belum bisa digunakan," imbuhnya.

Simpang Susun Semanggi dibuat untuk memangkas jarak tempuh bagi pengendara yang dari arah barat dan timur Jl Gatot Subroto yang hendak ke arah utara dan selatan Jl Jenderal Sudirman. Dengan adanya Simpang Susun Semanggi, kendaraan dari arah timur yang hendak ke Bundaran HI tidak perlu lagi memutar di lingkar Semanggi, dan sebaliknya.

Lebih jauh, Halim menilai Simpang Susun Semanggi dapat mengurangi beban kemacetan, terutama di lingkar Semanggi. Bahkan selama proses uji coba, ia menilai Simpang Susun Semanggi sudah cukup mengurai kemacetan yang ada.

"Alhamdulillah, saya lihat terurai. Saya belum bisa katakan berapa persen karena itu bicara data," ucapnya.
(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed