DetikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 19:03 WIB

Wiranto: Perusahaan Besar Punya Tanggung Jawab Pelihara Hutan

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Wiranto: Perusahaan Besar Punya Tanggung Jawab Pelihara Hutan
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menekankan perusahaan besar memiliki tanggung jawab memelihara hutan. Sebab, kebakaran hutan bukan hanya masalah nasional, tapi dunia international.

"Perusahaan-perusahaan besar punya tanggung jawab untuk memelihara hutan. Itu kita minta memberikan satu penyuluhan, bantuan-bantuan kepada petani, untuk tidak membakar lagi misalnya dengan penggunaan pupuk," ujar Wiranto seusai rapat penanganan kebakaran hutan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2017).

Wiranto mengatakan pemerintah serius dalam menangani kebakaran hutan. Adapun titik api tiap tahun muncul akibat kebiasaan masyarakat pinggir hutan.

"Modusnya karena dibakar. Bukan hanya karena alam, karena budaya masyarakat kita, masyarakat pinggir hutan, sejak turun-temurun bakar hutan untuk pertanian. Untuk masyarakat adat, ini sedang kita bincangkan supaya kebiasaan bakar hutan itu bisa dialihkan agar tidak bakar," paparnya.

Wiranto menjelaskan penanganan kebakaran hutan dilakukan aktif bersama kementerian dan lembaga. Sebab, kebakaran hutan bukan hanya masalah nasional, tapi juga internasional.

"Kalau sudah terbakar dan banyak asap, semua marahnya ke Indonesia. Presiden juga sudah mengatakan, coba tekan masalah karhutla agar kita juga bisa melindungi kekayaan alam kita yang merupakan paru-paru dunia. Itu saya kira," pungkasnya.
(edo/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed