DetikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 16:19 WIB

Komplotan Mafia 1 Ton Sabu Sewa Rumah Rp 20 Juta Per Tahun

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Komplotan Mafia 1 Ton Sabu Sewa Rumah Rp 20 Juta Per Tahun Rekonstruksi penyelundupan 1 ton sabu (Rengga/detikcom)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Jakarta - Proses rekonstruksi penyelundupan 1 ton sabu oleh jaringan Taiwan masih berjalan hingga saat ini. Rekonstruksi dimulai dari kedatangan tersangka dari Taiwan di terminal kedatangan 2E Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah dari Bandara Soekarno-Hatta, rekonstruksi dilakukan di salah satu rumah di perumahan Duta Garden, Cengkareng, Tangerang, Banten. Rumah tersebut dijadikan sebagai gudang penyimpanan sabu yang dibawa oleh para tersangka.
Komplotan Mafia 1 Ton Sabu Sewa Rumah Rp 20 Juta per TahunFoto: titi

"Mereka sudah menyewa rumah di sini (Perumahan Duta Garden) untuk dijadikan gudang penyimpanan barang," tutur Kasubdit 3 Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Bambang Yudhantara di Perumahan Duta Garden, Tangerang, Banten, pada Kamis (3/8/2017).

Rumah tersebut telah disewakan oleh seorang WNI yang berperan sebagai penjemput sekaligus penyewa hotel dan rumah tersebut.
Komplotan Mafia 1 Ton Sabu Sewa Rumah Rp 20 Juta per TahunFoto: Rengga Sancaya
Foto: titi

"Rumah ini disewa selama satu tahun dengan harga Rp 20 jutaan. Nah, si orang Indonesia ini nggak tahu mereka bisnis narkoba. Dia cuma tahu mereka itu bisnis tambak ikan," kata Bambang.

Proses rekonstruksi di dalam rumah kontrakan tersebut dilakukan secara tertutup. Awak media tidak diperkenankan meliput reka adegan yang dilakukan di kontrakan tersebut.

Rekonstruksi ini diikuti oleh tiga tersangka, Hsu Yung Li, Liao Guan Yu, Chen Wei Cyuan, dan Lin Ming Hui (tersangka tewas) yang diperankan oleh polisi. Saat ini sedang dilakukan rekonstruksi di Fave Hotel, Kembangan, Jakarta Barat, tempat para tersangka tinggal selama satu bulan sebelum mereka ke Anyer.
(asp/asp)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed