DetikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 14:55 WIB

Ditegur Saat Lewat Trotoar, Pemotor Ini Maki-maki Petugas Dishub

Nugroho Tri Laksono - detikNews
Ditegur Saat Lewat Trotoar, Pemotor Ini Maki-maki Petugas Dishub Foto: Pemotor terobos trotoar (Tri-detikcom)
Jakarta - Seorang pengendara motor bersitegang dengan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Ketegangan itu terjadi karena pengendara tidak terima saat ditegur petugas Dishub karena melintasi trotoar.

Bedasarkan video yang diperoleh detikcom, kejadian tersebut terjadi Kamis (3/8/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. Seorang pengendara motor tanpa menggunakan helm itu bersitegang dengan petugas Dishub saat diminta untuk kembali ke jalan raya lantaran berjalan di atas trotoar.

Di video itu, nampak seorang petugas melakukan penghalauan kepada seorang pengendara dan meminta untuk turun. Namun pengendara tersebut tetap berada di atas trotoar sambil membuka kacamata hitamnya.

"Bapak tadi disuruh di depan turun malah nyelonong," ujar salah seorang petugas kepada pengendara motor, dalam rekaman tersebut.

"Enggak, tadi saya bilang baik-baik suruh turun," lanjut petugas.

Ketegangan pun berlanjut, setelah pengendara itu memilih untuk memarkirkan motornya. Petugas pun menghampiri pengendara itu.

"Enggak, saya tadi baik-baik suruh turun, kenapa nyelonong tadi," kata petugas.

"Saya tiap hari lewat lewat sini pak," jawab pengendara.

"Bukan masalah setiap harinya," ujar salah seorang petugas.

"Halah, Saya tiap hari lewat sini, bapak jangan pilih kasih," kata pengendara motor.

"Bukan pilih kasih pak," jawab petugas.

"Saya tinggal di sini pak," nada tinggi pengendara.



Ketegangan itu pun mulai diredam oleh seorang petugas Dishub lainnya yang mencoba menenangkan pengendara. Meski demikian pengendara motor itu tetap bersikeras jika sudah terbiasa melintasi trotoar tersebut.

"Ini orang lewat sini tiap hari lewat sini loh," ujar pengendara sambil menunjuk.

"Dengerin, ini sudah kita jagain pak dari kemarin," kata petugas Dishub lain yang menenangkan

"Itu sehari-hari yang lewat kenapa enggak ditahan, itu tadi ada yang lewat loh. Orang lewat makanya saya ikut lewat," jawab pengendara.

Tak lama pengendara motor itu dipersilahkan pergi oleh petugas.


Ditegur Saat Lewat Trotoar, Pemotor Ini Maki-maki Petugas DishubFoto: Pemotor terobos trotoar (Tri-detikcom)


Sementara itu Kasiop Dishub Jakarta Timur, Slamet Dahlan membenarkan insiden tersebut. Kejadian itu terjadi kepada petugas dari Dishub Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Meski begitu kata Dahlan, sudah menjadi resiko petugas di lapangan untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai akses ramah bagi pejalan kaki.

"Memang resiko seperti itu sering kita dimarahi pemotor, tapi saat ketegangan itu banyak pengendara yang mendukung kita kok," kata Dahlan saat dikonfirmasi.

Seperti diketahui maraknya penyerobotan trotoar ini membuat Pemprov DKI mencanangkan Bulan Tertib Trotoar. Dengan adanya program ini, diharapkan pengguna jalan memahami fungsi dari trotoar yang peruntukannya bagi pejalan kaki.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed