DetikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 14:18 WIB

Polisi Gelar Rekonstruksi Penyelundupan 1 Ton Sabu dari Taiwan

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Polisi Gelar Rekonstruksi Penyelundupan 1 Ton Sabu dari Taiwan Polisi gelar rekonstruksi penyelundupan sabu satu ton di Anyer (Foto: Parastiti Kharisma Putri/detikcom)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Jakarta - Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi pengungkapan kasus penyelundupan sabu satu ton di Anyer. Rekonstruksi tersebut dimulai dari kedatangan para pelaku di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pantauan detikcom di lokasi, rekonstruksi dimulai pada pukul 11.30 WIB. Rekonstruksi diikuti oleh 3 tersangka yaitu Hsu Yung Li, Liao Guan Yu, dan Chen Wei Cyuan. Sementara Lin Ming Hui, tersangka yang tewas diperankan oleh polisi.


Kasubdit 3 Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Bambang Yudhantara menuturkan jumlah pelaku dari Taiwan yang masuk ke Indonesia melalui jalur udara sebenarnya ada tujuh orang.

Rekonstruksi dilakukan pertama di Bandara Soekarno-Hatta ketika kedatangan para tersangka asal TaiwanRekonstruksi dilakukan pertama di Bandara Soekarno-Hatta ketika kedatangan para tersangka asal Taiwan (Foto: Parastiti Kharisma Putri/detikcom)

"Total (tersangka) ada tujuh orang. Tapi (masuknya) bertahap, pertama dua orang pada tanggal 4 Juni. Lalu empat orang pada siang hari tanggal 6 Juni, lalu satu orang lagi malamnya," kata Bambang saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (3/8/2017).


Dia menambahkan, ada tiga tersangka yang berhasil lolos dari pantauan Polri. Menurut informasi dari kepolisian Taiwan, tiga tersangka tersebut sudah ditangkap di Taiwan.

"Yang tertangkap di Anyer kan ada empat, satu orang meninggal dunia kan. Nah, tiga orang lagi sudah balik ke Taiwan tapi menurut informasi dari polisi Taiwan mereka sudah ditangkap di Taiwan," katanya.

Pada kasus, ini diketahui ada keterlibatan dua orang WNI. Dua WNI tersebut dijadikan sebagai fasilitator oleh para pelaku, satu sebagai sopir dan penyedia tempat tinggal satunya sebagai penerjemah.


"Tidak tahu (mereka penyelundup sabu). Dia (WNI) di sini jadi fasilitator saja, sewa rumah, sewa hotel yang mana pas dari sini. Mereka sudah disewakan rumah di Daerah Duta Garden Cengkareng untuk satu tahun seharga Rp 20 juta," terang Bambang.

Rekonstruksi berlanjut ke perumahan Duta Garden, Cengkareng, Jakarta BaratRekonstruksi berlanjut ke perumahan Duta Garden, Cengkareng, Jakarta Barat (Foto: Parastiti Kharisma Putri/detikcom)

Sampai saat ini proses rekonstruksi masih berlangsung. Setelah rekonstruksi kedatangan pelaku di bandara, rekonstruksi berlanjut ke perumahan Duta Garden, Cengkareng, Jakarta Barat.

Diberitakan sebelumnya, tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok dipimpin oleh Kombes Nico Afinta dan Kombes Herry Heryawan menggagalkan upaya penyelundupan satu ton sabu di Pantai Anyer, Serang, Banten pada Kamis (13/7) lalu. Satu tersangka bernama Lin Ming Hui ditembak mati polisi karena melawan saat disergap di dermaga eks Hotel Mandalika.

Beberapa hari setelah menangkap tersangka penerima barang, tim dibantu Polda Kepri dan Bea Cukai Batam berhasil menangkap Kapal Wanderlust yang mengirimkan sabu tersebut. Dari keterangan lima kru kapal WN Taiwan, diketahui barang dinaikan ke atas kapal di perairan Myanmar.
(jbr/rvk)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed