DetikNews
Rabu 02 Agustus 2017, 17:55 WIB

Trotoar Rindang di Daan Mogot Ini Juga Diterobos Pemotor

Arief Ikhsanudin - detikNews
Trotoar Rindang di Daan Mogot Ini Juga Diterobos Pemotor Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot diterobos pemotor. (Arief/detikcom)
Jakarta - Rindang dan tertata rapi. Begitulah pemandangan di trotoar Jalan Daan Mogot, Cengkareng, arah Kalideres, Jakarta Barat. Namun masih saja ada pemotor yang menerobos.

Trotoar itu terbentang dari depan Vittoria Residence sampai perempatan Cengkareng. Masyarakat menyebut kawasan ini sebagai Taman Daan Mogot. Trotoar ini dilengkapi jalur sepeda, bangku, dan petunjuk jalan untuk penyandang tunanetra.

Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot.Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot. (Arief/detikcom)


Salah seorang warga, Jaelani (53), mengaku bisa menghabiskan waktu berjam-jam duduk di bangku trotoar tepi Kali Mookervart itu. Dia membandingkannya dengan trotoar lain yang dirasa semrawut.

"Enak kalau duduk-duduk di sini. Adem. Kalau di sana masih semrawut, dari lampu merah (Cengkareng) ke sana (arah Kalideres)," ucap Jaelani saat berbincang di trotoar rindang itu, Rabu (2/8/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot.Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot. (Arief/detikcom)


Jaelani dan warga Rawa Buaya memanfaatkan trotoar untuk refreshing. Terlihat beberapa orang mengasuh anak dan bermain sepeda.

Namun kenyamanannya masih diganggu beberapa pengguna motor. Mereka menggunakan trotoar untuk mengakali padatnya lalu lintas di Jalan Daan Mogot.

"Banyak motor lewat ke sini. Apalagi kalau jalanan macet," ucap Jaelani.

Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot.Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot. (Arief/detikcom)


Tak hanya itu, Jaelani juga merasa ada bangku yang hilang. Dia mengatakan bangku plastik diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Dulu di dekat sini ada dua (bangku), sekarang hilang," ucap Jaelani.

Selain Jaelani, Sugianto (49) merasakan fungsi trotoar untuk beristirahat. Dia memilih menepikan motor saat lalu lintas jalan macet.

"Menurut saya, buat istirahat nyamanlah. Ada bangkunya. Ini agak lumayan bagus. Kalau macet bisa istirahat," ucap Sugianto di lokasi yang sama.

Setelah trotoar ini selesai dibangun pada akhir 2016, pemerintah DKI Jakarta masih membangun trotoar di ruas Jalan Daan Mogot lainnya. Rencananya, trotoar sepanjang Daan Mogot di kawasan Cengkareng ditargetkan selesai tahun ini.

Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot.Trotoar rindang di Jalan Daan Mogot. (Arief/detikcom)


Pembangunan trotoar merupakan kerja sama antara Dinas Bina Marga dan Dinas Kehutanan. Dinas Bina Marga membangun trotoar, sedangkan Dinas Kehutanan mengelola tanaman di trotoar.

"Kami belum dapat tanggal pasti kapan trotoar selesai, karena mereka bekerja sesuai instruksi dinas juga. Tapi targetnya akhir tahun sudah selesai sekaligus tamannya," kata Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Barat Aris Firmansyah saat dihubungi terpisah.
(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed