DetikNews
Selasa 01 Agustus 2017, 19:07 WIB

Jubir: Presiden Jokowi Concern atas Kasus Novel Baswedan

Ray Jordan - detikNews
Jubir: Presiden Jokowi Concern atas Kasus Novel Baswedan Johan Budi (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian segera menuntaskan pengusutan kasus teror terhadap Novel Baswedan. Menurut jubir Presiden, Johan Budi, sikap Jokowi itu juga berdasarkan aspirasi masyarakat.

"Kalau Presiden tidak mencermati, tentu tidak memanggil Kapolri. Menurut saya, tidak sekali ini (Kapolri dipanggil), paling nggak dua kali yang saya tahu. Bahwa Presiden concern. Kalau Anda masih ingat peristiwa yang dulu, begitu cepat respons Presiden ketika mendengar Novel disiram air keras itu, kalau nggak salah meminta kepada Kapolri untuk segera mengusut tuntas, memerintahkan," kata Johan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017).

Johan kemudian menjelaskan bahwa kemarin (31/7) Jokowi meminta laporan Tito tentang perkembangan pengusutan kasus Novel. Tito juga sempat menyampaikan niat untuk menggandeng KPK dalam penyelidikan kasus ini dan menggunakan istilah 'Tim Gabungan'.

"Mekanismenya seperti apa mungkin ditanya ke KPK dan Pak Kapolri. Yang menjadi concern Pak Presiden adalah kasus ini sudah menjadi perhatian publik. Karena itu, di sisi yang lain tidak boleh lagi ada upaya ancaman atau intimidasi kepada penyidik," ujar Johan.

Pertemuan kemarin juga tidak ada teguran dari Jokowi kepada Tito. Menurut Johan, apa yang disampaikan oleh Tito kepada Jokowi sudah signifikan.

"Kemarin diskusinya tidak soal ada tim independen atau tidak," ujar Johan.
(bag/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed