detikNews
Selasa 01 Agustus 2017, 17:15 WIB

Merah-Putih Raksasa Berkibar di Gunung Aceh Besar Sambut HUT RI

Agus Setyadi - detikNews
Merah-Putih Raksasa Berkibar di Gunung Aceh Besar Sambut HUT RI Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Aceh Besar. (Agus Setyadi/detikcom)
Aceh Besar - Agustus adalah bulan perayaan kemerdekaan Indonesia. Semangat Merah Putih sudah dimulai dari Aceh Besar dengan pengibaran bendera Merah-Putih raksasa di atas gunung setempat.

Warga Desa Rima Jeuneu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Aceh, mengibarkan bendera berukuran 6x9 meter di atas gunung. Aksi pengibaran bendera Merah-Putih raksasa ini dilakukan untuk menyambut HUT ke-72 RI.

Berdasarkan pantauan detikcom, sejumlah warga Desa Rima Jeuneu naik ke atas Gunung Goh Cut sejak pagi untuk melakukan berbagai persiapan, Selasa (1/8/2017). Meski hujan mengguyur, hal itu tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mengibarkan bendera raksasa pada tiang setinggi 13 meter.

Jalan setapak dan licin harus dilalui masyarakat serta TNI dan polisi untuk mencapai puncak gunung. Begitu tiba di puncak, masyarakat secara bahu-membahu mengikat bendera yang sudah disiapkan pada tiang yang ada.

Merah Putih Raksasa Berkibar di Gunung Aceh Besar Sambut HUT RIBahu-membahu memasang bendera raksasa. (Agus Setyadi/detikcom)

Saat pengibaran bendera sekitar pukul 13.00 WIB, Komandan Koramil 10/Peukan Bada Kodim 0101/BS Kapten Inf Samsudi ikut dalam rombongan. Begitu Sang Saka Merah Putih berkibar, warga, TNI, serta polisi menghormat sambil menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. Bendera yang dikibarkan di atas ketinggian ini dapat disaksikan masyarakat dari desa.

Kepala Desa Rima Jeuneu, Arifin, mengatakan pengibaran bendera ini dilakukan atas inisiatif pemuda dan didukung perangkat desa setempat. Kegiatan pengibaran bendera raksasa ini juga didukung desa tetangga serta Muspika Peukan Bada.

"Ide awal dari pemuda. Ini baru pertama kali kita kibarkan bendera raksasa di atas gunung ini," kata Arifin kepada wartawan.

Menurutnya, pihaknya sengaja memilih Gunung Goh Cut karena dari tempat ini dapat terlihat lanskap Banda Aceh dan Aceh Besar dari ketinggian. Lokasi ini juga tidak jauh dari perkampungan.

"Medan yang kita lalui memang licin. Dibutuhkan kehati-hatian saat mendaki. Tapi bagaimanapun, bendera ini harus berkibar di atas gunung ini," tutur Arifin.
(fay/fay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed