DetikNews
Selasa 01 Agustus 2017, 09:54 WIB

Jelang Vonis Dimas Kanjeng, Penjagaan di PN Kraksaan Diperketat

M Rofiq - detikNews
Jelang Vonis Dimas Kanjeng, Penjagaan di PN Kraksaan Diperketat Penjagaan sidang Dimas Kanjeng (M Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Ratusan polisi melakukan penjagaan secara ketat di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (1/8/2017). Penjagaan itu terkait dengan agenda sidang pembacaan vonis terdakwa kasus pembunuhan, yakni Dimas Kanjeng.

Pantauan di lokasi, 200 personel Polres Probolinggo dan satuan Brimob serta TNI disiagakan sejak pukul 07.00 WIB. Mereka bersiap memperketat penjagaan pada sidang vonis yang akan digelar pada pukul 10.00 WIB.

Jelang Vonis Dimas Kanjeng, Penjagaan di PN Kraksaan DiperketatFoto: M Rofiq/detikcom

Sebelum sidang berlangsung, petugas mengecek ruang sidang utama. Dari kursi majelis hakim, kursi penasihat hukum, kursi JPU, sampai kursi untuk pengunjung.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan ratusan personel sengaja disiagakan menjelang sidang untuk mengantisipasi datangnya para pengikut dari Padepokan Dimas Kanjeng.

"Terlebih dulu personel memeriksa ruang sidang, terutama memeriksa para pengunjung yang dari Padepokan. Pengunjung akan diperiksa satu per satu yang mau masuk ke ruang PN Kraksaan," tutur Kapolres Arman saat memimpin personel menjelang persidangan.

Jelang Vonis Dimas Kanjeng, Penjagaan di PN Kraksaan DiperketatFoto: M Rofiq/detikcom

Arman mengimbau pengunjung sidang tertib menyaksikan dan tidak mengganggu jalannya persidangan. Dia berharap petugas lebih waspada melakukan penjagaan di pintu masuk pengadilan.

Pada persidangan vonis Dimas Kanjeng atas kasus pembunuhan Abdul Ghani, kali ini para personel dipersenjatai laras panjang dengan seragam lengkap. Bahkan petugas Brimob dengan senjata lengkap bersiaga di depan pengadilan.

Dalam sidang ini, Dimas Kanjeng didakwa dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Tim JPU yang diketuai Rudy Wibowo Adji menuntut Dimas Kanjeng dengan hukuman seumur hidup. Sidang vonis ini akan dipimpin oleh ketua majelis hakim Basuki Wiyono.

Jelang Vonis Dimas Kanjeng, Penjagaan di PN Kraksaan DiperketatFoto: M Rofiq/detikcom

(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed