DetikNews
Senin 31 Juli 2017, 20:55 WIB

Patut Ditiru! Driver Go-Jek Gelar Aksi Bersih Ranjau Paku

Mustiana Lestari - detikNews
Patut Ditiru! Driver Go-Jek Gelar Aksi Bersih Ranjau Paku Foto: Dok. Go-Jek
Jakarta - Aksi para driver Go-Jek ini patut ditiru. Peduli terhadap para pengguna jalan, mereka menggelar aksi bersih-bersih ranjau paku di jalan.

Aksi belasan driver Go-Jek ini berlangsung di kawasan Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017). Aksi yang digelar pada pukul 09.00-12.00 WIB ini menimbulkan simpati, sehingga tak jarang masyarakat atau driver online lainnya ikut bergabung.

"Jadi nggak bisa dipungkiri Jakarta penuh ranjau paku. Banyak pula oknum tukang tambal ban nakal ganti ban seenaknya dengan harga selangit," ucap salah satu driver Go-Jek yang mengikuti aksi, Rizki, saat dihubungi detikcom.

Menurut Rizki, aksi ini didorong oleh makin banyaknya ranjau paku yang tersebar di jalan Ibu Kota. Rizki mengatakan banyaknya ranjau paku sudah meresahkan. Bahkan rekan-rekan driver Go-Jek lainnya pernah mengalami kecelakaan gara-gara ranjau paku.

"Akibat ranjau paku, banyak driver jatuh karena kempis bannya dan akhirnya nggak bisa ngimbangin. Ini juga untuk melindungi driver online lainnya," tutur dia.

Karena itu, dia dan driver Go-Jek lainnya berharap pihak berwajib segera menindak para penyebar ranjau paku ini. Biasanya ranjau paku tersebut disebar di sekitar Jalan Gatot Subroto dan Roxy, yang disebut para driver sebagai zona merah.

"Kita dorong advokasi. Kita juga sudah didukung pihak Wali Kota Jakpus, dipertemukan Dishub dan Polres," tutur dia.
Patut Ditiru! Driver Go-Jek Gelar Aksi Bersih Ranjau PakuFoto: Dok. Go-Jek

Dalam aksinya, mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan 'RANJAU PAKU KEJAM & KRIMINAL' dan poster 'USUT DAN TANGKAP PELAKU PENYEBAR RANJAU'. Para driver Go-Jek ini berharap ada tindakan tegas dari kepolisian.

"Agar segera menangkap oknum dan jaringannya yang nggak kecil, sudah skala Jabotabek," kata Rizki.

Gerakan Bersih Ranjau Paku ini telah terbentuk secara sukarela sebagai bentuk kepedulian terhadap kerugian dan kecelakaan yang diakibatkan ranjau paku. Sejak 2016, gerakan ini bersama tim Sapu Bersih Ranjau Paku sering menggelar operasi pembersihan paku.

Mereka sering mendapati banyak paku sengaja disebar di kawasan ramai pemotor. Dengan menggunakan magnet, mereka menyapu setiap paku yang tersebar di jalan raya. Setiap kali pembersihan, setidaknya berkilo-kilogram paku mereka dapatkan.
(ega/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed