detikNews
Minggu 30 Juli 2017, 18:52 WIB

Cerita Ajudan Gubernur Malut yang Rekam Imam Berambut Gimbal

Aditya Mardiastuti - detikNews
Cerita Ajudan Gubernur Malut yang Rekam Imam Berambut Gimbal Sofyan 'imam gimbal' Alop (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Video seorang pria berambut gimbal bersuara merdu saat mengimami salat menjadi viral di media sosial. Rupanya video itu direkam oleh ajudan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba. Bagaimana ceritanya?

"Waktu itu masukin di Facebook, mungkin keluarganya bisa lihat di Ternate, Maluku Utara bisa lihat, maksudnya gitu," Ajudan Abdul Ghani, Ikbal Rahman saat berbincang via telepon, Minggu (30/7/2017).



Ikbal mengatakan saat itu dirinya bersama rombongan baru kembali hotel dan akan menjalankan salat di musala Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta. Rombongan itu kemudian bertemu dengan Sofyan Alop yang berambut gimbal.

"Rombongan kami salat di lantai 2 Hotel Bidakara, ketemu si gimbal. Waktu itu saya dan bapak bersama rombongan salat jamak, karena malamnya kami mau balik ke Maluku Utara. Selesai maghrib langsung lanjut dengan isya, selesai salat isya gimbal dan rombongan masuk salat maghrib," katanya.



Ikbal mengatakan saat itu rombongannya sudah selesai salat dan akan keluar dari musala. Saat itu, Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba mendengar suara Sofyan yang mengimami salat dan kembali duduk.

"Gimbal sama rombongannya masuk salat maghrib, kita lagi dzikir bapak mundur sudah berdiri mau keluar. Ketika Al-fatihah (Sofyan) pecah bapak duduk, langsung tengok. Bapak ini (Abdul Ghani) kan hafiz lulusan Madinah, beliau duduk sambil dengar bacaannya, dengar tajwid, sama tanda bacanya," tuturnya.

"Terus rakaat pertama saya belum sempat rekam karena masih takjub sama suaranya, saya sama bapak langsung nengok. Rakaat kedua baru rekam suaranya. Bagus ini, tajwidnya sempurna, langsung direkam, waktu itu masukin di Facebook," sambungnya.



Ikbal juga tak menyangka jika video yang diunggahnya menjadi viral di medsos. Saat itu dia mengaku mengunggah di Facebook agar kerabat Sofyan yang berada di Ternate atau Maluku bisa melihat dan mendengar suaranya.

"Aku tuh cuma biar keluarganya di Ternate kenal, di Maluku Utara juga kenal, mungkin sudah lama dia nggak balik ke Ternate atau Maluku Utara. Eh benar, ternyata si bapak gimbal ini salah satu keluarga yang punya suara bagus, ustaz besar juga di Ternate," urai Ikbal.

Hal senada juga disampaikan ajudan Abdul Ghani lainnya, Samsul Kasuba. Samsul menyebut dirinya juga malah mengenali Sofyan sebagai pemain film.

"Kalau saya sih sudah kenal dia main di sinetron. Sebelum masuk mushala sudah salaman dengan si gimbal," kata Samsul.



Usai salat, Samsul mengatakan Abdul Ghani juga sempat bertatap muka dengan Sofyan. Samsul menyebut Abdul Ghani terharu menyimak Sofyan yang fasih melantunkan ayat padahal berpenampilan gimbal.

"Intinya beliau (Abdul Ghani) sangat terharu dan nggak nyangka dengan penampilan seperti itu begitu jadi imam, dengar bacaannya, lumayan bagus, beliau sih sangat inilah (kagum). Makanya sampai tungguin orang itu, di dalam kamar mereka ngobrol berdua," jelas Samsul.

ajudan Gubernur Maluku Utara, Samsul Kasuba berfoto dengan imam berambut gimbalajudan Gubernur Maluku Utara, Samsul Kasuba berfoto dengan imam berambut gimbal (Foto: Dok. Pribadi)



(ams/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com