DetikNews
Minggu 30 Juli 2017, 13:11 WIB

PKB: Mega, Prabowo dan SBY Akan Jadi King Maker Pilpres 2019

Faieq Hidayat - detikNews
PKB: Mega, Prabowo dan SBY Akan Jadi King Maker Pilpres 2019 Suasana diskusi Presidential Threshold di Menteng. Foto: Faiq/detikcom
Jakarta - Politikus PKB Maman Imanulhaq menilai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Gerindra Prabowo akan menjadi king maker pada Pilpres 2019. Sebab, ketiganya tidak mungkin akan mencalonkan diri sebagai Capres maupun Cawapres.

"Kami hargai upaya pertemuan Pak SBY dan Prabowo, pertarungan sejati adalah Pilpres 2019. Beberapa orang tak akan mencalonkan lagi, seperti Mega, Prabowo dan SBY cukup jadi king maker," kata Maman dalam diskusi di D'Hotel, Jalan Sultan Agung, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/7/2017).

Menurut Maman, Presiden Joko Widodo akan menjadi calon presiden pertahana yang melawan calon presiden yang baru muncul di publik pada Pilpres 2019. Namun belum diketahui nama-nama calon tersebut karena dinamika politik akan terus terjadi.

"Pilpres 2019 nanti malah muncul anak-anak muda siapa calon lawan Jokowi," kata Maman.

"PKB memandang Pilpres harus dihadapi cerdas, kerja keras dan sinergitas, hanya itu saja," sambung Maman.

Selain itu, Maman menilai setiap partai politik bisa mencalonkan presiden saat berlakunya aturan ambang batas pemilihan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen. Aturan itu tidak akan sulit bagi partai politik untuk mencalonkan presiden.

"Pertarungan kemarin RUU Pemilu beberapa partai dari 20 persen bisa mencalonkan capres dan cawapres," kata Maman.
(fai/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed