DetikNews
Minggu 30 Juli 2017, 13:03 WIB

Soal Bumi Datar, LAPAN: Sama Sekali Tidak Ilmiah

Mukhlis Dinilah - detikNews
Soal Bumi Datar, LAPAN: Sama Sekali Tidak Ilmiah Salah satu versi penggambaran bumi dalam teori bumi datar/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pernah berdiskusi intens dengan pendukung teori Bumi Datar. LAPAN sama sekali tidak terkesan.

"Sama sekali tidak ilmiah, karena tidak mengikuti metode ilmiah," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Jumat (28/7/2017).

Pertemuan LAPAN dan pendukung Bumi Datar terjadi sekitar 30 Desember 2016 silam. Pendukung Teori Bumi Datar berdiskusi langsung dengan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin saat itu. Video obrolan mereka juga ada di Youtube.

"Metode ilmiah menuntut suatu dugaan atau hipotesis yang dibuktikan dengan eksperiman atau data pengamatan, lalu diuji konsistensinya dengan beragam data lain," kata Thomas.

Nah, sikap ilmiah inilah yang menurut Thomas tidak dilakukan pendukung Bumi Datar. Mereka menerima informasi sepotong-sepotong dan dianggap sebagai kebenaran tanpa mengujinya secara ilmiah.

"Nah, kaum Flat Earth langsung melompat pada kesimpulan," ujar Thomas.

Suasana diskusi LAPAN dengan kelompok Bumi Datar bisa ditonton di sini:


(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed