Jokowi Keliling Rumah Khas Betawi dan Lihat Pembuatan Golok

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 30 Jul 2017 12:10 WIB
Jokowi hadiri Lebaran Betawi di Setu Babakan (Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan Lebaran Betawi. Dia dipersilakan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat untuk berkeliling melihat-lihat rumah khas Betawi.

Acara perayaan Lebaran Betawi digelar di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (30/7/2017). Acara ini bertajuk 'Melalui Ukhuwah Batawiyah Kita Rajut Tali Persaudaraan'.

"Mohon Bapak (Jokowi) berkenan untuk mengunjungi rumah-rumah wali kota," kata Djarot mengakhiri sambutannya di atas panggung.

Presiden Jokowi di pameran lukisan Lebaran BetawiPresiden Jokowi di pameran lukisan Lebaran Betawi Foto: Danu Damarjati/detikcom


Rumah-rumah wali kota yang dimaksud yakni rumah khas Betawi. Arsitektur rumah kayu ini dilengkapi dengan gigi balang. Ada hiasan tumbuhan di depannya. Setiap wali kota punya satu anjungan rumah khas Betawi seperti ini.

Selain itu, Jokowi juga dipersilakan menebar ikan Setu Babakan. "Menunjukkan bahwa Betawi cinta lingkungan," kata Djarot.

Presiden Jokowi di Lebaran Betawi, Setu BabakanPresiden Jokowi di Lebaran Betawi, Setu Babakan (Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom)


Jokowi juga meninjau lukisan-lukisan bernuansa Betawi di kompleks Setu Babakan ini. Di ruang lukisan ini

Setelah itu, Jokowi dipersilakan melihat kerja pandai besi membikin golok, senjata khas Betawi. Terlihat sejumlah pria berikat kepala oranye dan berkaus hitam menempa besi-besi di dekat tungku menyala. Semua ini adalah Budaya Betawi.

(dnu/ams)