Tiba di Lebaran Betawi, Jokowi Dihadang Palang Pintu

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Minggu, 30 Jul 2017 11:05 WIB
Jokowi hadiri lebaran betawi. Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo tiba di pagelaran Lebaran Betawi yang diselenggarakan di Perkampungan Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dirinya disambut meriah dengan letusan petasan dan palang pintu khas betawi.

Pantauan detikcom di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (30/7/2017), Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana tiba di Perkampungan Budaya Betawi. Sebelum melewati gerbang, rombongan disambut meriah dengan ratusan petasan.

Dari dalam mobil RI 1, Jokowi sempat melambaikan tangan pada masyarakat yang antusias menghadiri pagelaran lebaran Betawi. Ia kemudian disambut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan istri serta, Wali Kota Jakarta Selatan dan ketua panitia lebaran Betawi.

Sebagai ciri khas budaya Betawi, rombongan Jokowi pun dihadang para jawara Betawi sebagai palang pintu. Balas pantun dan pencak silat dilakukan agar rombongan Jokowi dapat diterima masuk ke dalam acara lebaran Betawi.

"Permisi ane mo lewat, ane dateng bukan sembarang dateng, ane dateng bawa rombongan Presiden," ucap Jawara dari rombongan Jokowi.

"Eits... Tunggu dulu. Ane pastiin dulu ente beneran bawa presiden apa bukan, jangan sampe yang ente bawa orang lain. Tunjukin dulu ente punya jawara kita adu dulu di mari," hadang palang pintu.



Setelah dirasa cukup adu ilmu silat, rombongan Jokowi pun diterima masuk ke dalam acara Lebaran Betawi.

"Mangga bukan sembarang mangga, bangga kita punya presiden yang kaya begini kita arep-arepin dateng kemari di Lebaran Betawi," ucap palang pintu.

Berbagai pagelaran seni dan adat betawi dipertontonkan kepada warga Jakarta. Selain itu, ada kuliner nan nikmat khas Betawi yang memanjakan lidah warga Jakarta seperti kerak telor, bir pletok, dodol betawi dan masih banyak lainnya. (adf/bag)