Ada Jokowi, Pengunjung Lebaran Betawi di Setu Babakan Membludak

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Minggu, 30 Jul 2017 09:00 WIB
Foto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menghadiri pagelaran Lebaran Betawi yang diselenggarakan di Perkampungan Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Masyarakat pun antusias datang ke lokasi Setu Babakan ini.

Pantauan detikcom di lokasi sekitar pukuk 08.31 WIB masyarakat sudah mengantre panjang di depan gerbang utama pintu masuk Pusat Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan. Antrean panjang ini juga disebabkan proses sterilisasi dengan metal detector yang dilakukan oleh Paspampres.

Selain itu, antrean kendaraan juga mengular jelang pintu masuk lokas Perkampungan Betawi Setu Babakan. Warga juga diminta untuk mengantre di pinggir kali hinga masuk ke lokasi acara.

"Antrean sudah panjang dari pukul 06.00 WIB. Ini kita dminta untuk antre karean ada metal detector," kata salah seorang bernama Budi yang datang mengenakan pakaian pria khas Betawi.



Berdasarkan informasi dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dijadwalkan hadir di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu (30/7/2017). Ibu Negara Iriana direncanakan mendampingi Jokowi dalam acara tahunan ini.
Ada Jokowi, Pengunjung Lebaran Betawi di Setu Babakan MembludakFoto: Aditya Fajar Indrawan/detikcom

Sebelum Presiden Jokowi tiba, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat didampingi istrinya Happy Farida terlebih dulu tiba sekitar pukul 08.35 WIB. Djarot mengenakan beskap hitam khas Betawi. Sementara istrinya mengenakan kebaya biru dengan selendang merah muda.

Djarot dan istri yang disambut dengan orkes tanjidor melambaikan tangan kepada masyarakat yang sudah datang dalam pagelaran Lebaran Betawi 2017 ini.

Berbagai pagelaran seni dan adat Betawi dipertontonkan kepada warga Jakarta. Selain itu, ada kuliner nan nikmat khas Betawi yang memanjakan lidah warga Jakarta seperti kerak telor, bir pletok, dodol betawi dan masih banyak lainnya.


(adf/jor)