DetikNews
Jumat 28 Juli 2017, 19:17 WIB

Ketua MPR: Laksanakan Ajaran Agama dengan Baik Itu Pancasilais

Muhammad Aminudin - detikNews
Ketua MPR: Laksanakan Ajaran Agama dengan Baik Itu Pancasilais Foto: Dok MPR
Malang - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan bahwa Pancasila adalah perilaku. Oleh karena itu, seseorang yang melaksanakan ajaran agamanya dengan baik itu seseorang yang Pancasilais.

"Pancasila adalah perilaku, bukan soal pilkada dukung ini atau itu. Melaksanakan ajaran agamanya dengan baik itu Pancasialis, bukan radikalis," ujar Zulkifli.

Hal itu dia katakan dalam pidato sosialisasi empat pilar MPR di Kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jumat (28/7/2017).

"Kalau Indonesia sungguh-sungguh menganut sumpah negara kemanusiaan, maka akan mengutuk yang terjadi di Palestina. Kalau ada orang tidak bisa sekolah, tidak bekerja, tidak sejahtera, maka negara sudah melanggar sumpah," tegas Zulkifli.

Zulkifli mengatakan sistem ketatanegaraan sudah disepakati yaitu demokrasi Pancasila. Artinya, yang berdaulat yang berkuasa yakni rakyat.

"Jawa Timur memilih gubernur yang memilih adalah rakyat, presiden juga begitu. Tapi semua akan berguna, kalau rakyat sadar bahwa dirinya yang berdaulat dan berkuasa, seperti yang disampaikan Bung Hatta. Kalau tidak, terjadilah politik transaksional, kedaulatan kekuasaan yang ditukar dengan sembako atau uang," kata Ketum PAN ini.

Menurut Zulkifli jika politik transaksional terjadi, maka para calon sibuk dengan mencari 'sponsor'. Lalu ketika menjabat, mereka panik untuk mengembalikannya.

Zulkifli yakin masyarakat bisa menentukan suaranya. Masyarakat tidak akan memilih untuk sekadar mendapatkan paket sembako atau uang.

"Tetapi bagaimana yang dipilih benar-benar akan membela rakyat," ucapnya.
(ega/nwy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed