DetikNews
Jumat 28 Juli 2017, 13:16 WIB

Abdon Nababan Raih Ramon Magsaysay Award 2017

Indah Mutiara Kami - detikNews
Abdon Nababan Raih Ramon Magsaysay Award 2017 Foto: Abdon Nababan (Situs AMAN)
Jakarta - Aktivis Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Abdon Nababan meraih Ramon Magsaysay Award 2017. Abdon terpilih sebagai penerima penghargaan untuk kategori Community Leadership dari seluruh Asia.

Penghargaan 'Nobel Asia' ini diumumkan resmi pada Kamis (27/7/2017). Dikutip dari situs resmi Ramon Magsaysay Award, total ada 6 orang/organisasi yang menerima penghargaan tersebut tahun ini, yaitu Yoshiaki Ishizawa (Jepang), Lilia de Lima (Filipina), Abdon Nababan (Indonesia), Asosiasi Pendidikan Teater Filipina (Filipina), Gethsie Shanmugam (Sri Lanka), Tony Tay (Singapura).

Ramon Magsaysay Award adalah penghargaan yang dinamai dari Presiden Filipina ke-3. Penghargaan ini diberikan kepada orang atau organisasi yang kepemimpinannya mengasilkan perubahan di sekitarnya dan menginspirasi.

Abdon menerima penghargaan ini karena dinilai berani mengadvokasi dan menyuarakan masyarakat adat di Indonesia. Abdon dinilai memiliki kepemimpinan yang berprinsip dan berdampak luas.

Abdon merupakan pemimpin perjuangan Masyarakat Adat di Nusantara, bahkan sebelum era reformasi. Acara lima-tahunan Kongres Masyarakat Adat Nusantara menunjuknya sebagai Sekretaris Jenderal AMAN, di dua periode berurut, yaitu 2007-2012 dan 2012-2017. Kini Abdon duduk di Dewan AMAN Nasional 2017-2022 mewakili Region Sumatera.

Tokoh dari Indonesia yang pernah meraih Ramon Magsaysay Award adalah Abdurrahman Wahid (Gusdur) pada 1993, dan Syafi'i Ma'arif pada 2008. Dalai Lama juga pernah menerima penghargaan ini pada 1959 silam.

Penghargaan tahunan ini diberikan oleh Ramon Magsaysay Foundation, yang berbasis di Filipina. Acara penyerahan tahun ini dijadwalkan pada 31 Agustus di Manila.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed