DetikNews
Kamis 27 Juli 2017, 13:46 WIB

Bangun Infratruktur, Teluk Wondama Raih Penghargaan Kominfo

Fitraya Ramadhanny - detikNews
Bangun Infratruktur, Teluk Wondama Raih Penghargaan Kominfo Bupati Wondama menerima penghargaan dari Menkominfo (Foto: dok Pemkab Wondama)
Jakarta - Terpencil tapi berprestasi. Kabupaten Teluk Wondama di Papua Barat meraih penghargaan Kemenkominfo karena membangun infrastruktur telekomunikasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan penghargaan Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) kepada pemda yang membangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah tertinggal. Dalam rilis Pemkab Teluk Wondama, Kamis (27/7/2017) penghargaan ini diberikan di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan RI Jakarta, 25 Juli 2017.

Bupati Teluk Wondama, Bernadus A Imburi mengatakan Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) merupakan program pemerataan pusat melalui BP3TI Kominfo. Program tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo melalui BP3TI sebagai badan layanan umum (BLU) yang mengelola dana USO.

"Pembangunan telekomunikasi dan informatika harus diprioritaskan di daerah kami karena Kabupaten Teluk Wondama adalah daerah teluk yang terdalam, daerah tertinggal, daerah terpencil, daerah terisolir. Kampung yang tidak layak secara ekonomis serta wilayah yang belum terjangkau akses dan layanan telekomunikasi," kata Bernardus

13 Pihak lain juga mendapat penghargaan seperti TNI, Kemenkeu dan Telkomsel. Ini termasuk kabupaten tertinggal di seluruh Indonesia. Teluk Wondama mendapatkan penghargaan Kabupaten Kerbaik dalam Pembangunan Telekomunikasi Seluler.

Pemkab Teluk Wondama dengan antusias membantu dalam proses realisasi pembangunan infrastuktur telekomunikasi melalui pembanguan BTS Blankspot di setiap kampung yang ada di Kabupaten Teluk Wondama.

"Pada tahun 2016 kami mendapatkan bantuan 9 BTS Blankspot. Tahun ini 2017 kami dapat 20 site BTS Blankspot yang dipasang di 20 kampung yang terletak di daerah pesisir," lanjut Bernardus.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, malam apresiasi dan penghargaan sebagai ungkapan apresiasi atas dukungan oleh para pemangku kepentingan dalam program USO tersebut. Dia mengingatkan kepada BP3TI sebagai badan layanan umum pengelola USO untuk terus meningkatkan tata kelola.

"Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan kepada USO," katanya.
(fay/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed