DetikNews
Kamis 27 Juli 2017, 12:17 WIB

SMK PGRI 38 DKI Keluarkan Siswa yang Unggah Foto Merokok di Kelas

Ahmad Mustaqim - detikNews
SMK PGRI 38 DKI Keluarkan Siswa yang Unggah Foto Merokok di Kelas Siswa yang merokok di kelas (screenshot Instagram)
Jakarta - SMK PGRI 38 Jakarta mengakui kejadian siswa merokok saat kelas berlangsung terjadi di sekolah tersebut. Sekolah lalu mengambil langkah tegas dengan mengeluarkan siswa yang meng-upload foto kegiatan merokok tersebut.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin (24/7/2017) lalu. Siswa yang mengunggah foto kejadian--yang kemudian menjadi viral di media sosial--tersebut bernama Mohammad Abdul Kahfi. Saat kejadian, kelas masih berlangsung.

Selain Kahfi, ada dua siswa yang ikut terlibat dalam perkara ini. Dua orang itu adalah Bandi Mukhlisin dan Riezal Pratama. Keduanya adalah dua 'pemeran utama' dalam foto itu. Keduanya tengah merokok. Para pihak yang terlibat merupakan siswa kelas X.

"Setelah kami berkonsultasi dengan Ketua YPLP PGRI DKI Jakarta, maka langkah berikutnya kami akan mengembalikan pelaku utama Mohammad Abdul Kahfi kepada orang tuanya," Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kelapa Gading Ahmad Hilmi, membacakan surat resmi yang ditandatangani Kepala SMK 38 PGRI Sedya Basuki kepada wartawan, Kamis (27/7).

Menurut pihak sekolah, perah Kahfi tidak hanya sebagai pengunggah foto. Dia juga merupakan pemilik rokok tersebut.

"Rokok itu milik Kahfi dia memfotonya dan mengunggah beberapa foto itu ke akunnya. Kamera yang digunakan untuk mengunggah adalah milik Bandi Mukhlisin.
Menurut para pelaku, kejadian itu berlangsung pada hari Senin 24 Juli 2017, kemudian mengunggahnya pada hari berikutnya Selasa 25 Juli 2017, dan menjadi viral mulai jam 12.00 WIB," kata Ahmad Hilmi.

Meski kejadian itu terjadi pada Senin (24/7) kemarin, foto mengenai tindakan itu baru diunggah pada Selasa (25/7). Foto tersebut diunggah oleh Kahfi melakui akun Instagram @kahfi3925, yang tersebar di Facebook dan Twitter. Dalam foto tampak 2 siswa SMK berseragam lengkap tengah merokok di dalam kelas. Dari foto tersebut juga terlihat suasana belajar-mengajar tengah berlangsung.

Di dalam foto tersebut, Kahfi menuliskan postingan yang bisa dianggap menyudutkan pihak sekolah. "SMKPGRI 38 doang yg kl ada guru nya blh ngerokok," kata Kahfi dalam postingan itu.

Diberitakan sebelumnya, sebuah foto yang menampilkan 2 siswa sedang merokok saat kelas berlangsung menjadi viral di media sosial. Disebutkan peristiwa itu terjadi di salah satu SMK di Jakarta Utara. Dinas Pendidikan Wilayah II, Jakarta Utara, akan mengecek kebenaran foto tersebut.

"Nanti saya klarifikasi, saya panggil kepala sekolahnya," ujar Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara Khairul saat dimintai konfirmasi.



(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed