DetikNews
Rabu 26 Juli 2017, 23:19 WIB

Kata KPK soal Niko Panji yang Mengaku Dibiayai Pelesiran

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kata KPK soal Niko Panji yang Mengaku Dibiayai Pelesiran Niko melaporkan Novel ke polisi (Denita/detikcom)
FOKUS BERITA: DPR vs KPK
Jakarta - Niko Panji Tirtayasa menyebut KPK membiayai pelesirannya ke sejumlah tempat saat menjadi saksi kasus suap Akil Mochtar. KPK justru tidak tahu-menahu.

"Kami tidak tahu soal jalan-jalan ke Raja Ampat. Apa Mico (Niko) pernah? Kami tidak tahu. Yang pasti, KPK hanya membiayai untuk biaya hidup," tegas Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dikonfirmasi di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2017).

Febri menyebut KPK tidak punya kepentingan dengan pelesiran saksi, apalagi jika sampai menggunakan uang negara.

"Lagi pula tidak ada kepentingan bagi saksi dan tersangka. Kalau dilakukan, akan melanggar aturan yang berlaku dan penggunaan anggaran. KPK memastikan hanya memberikan bantuan biaya hidup sesuai yang diatur dalam undang-undang yang menjadi dasar kami," tutur Febri.

Terkait hal ini, di muka Pansus Hak Angket KPK, Selasa (25/7), Niko memaparkan kisah pelesirannya yang dibiayai KPK. Ia menyebut berlibur ke Raja Ampat, Lombok, dan Bali. Ia juga menuding KPK membawanya menggunakan pesawat pribadi saat jalan-jalan.

Tak hanya itu, Niko juga mengaku namanya sempat diganti KPK. Dari Niko menjadi Mico. Sontak KPK juga menyanggah.

"Kami tegaskan, terkait penggantian identitas dan sejenisnya, kita tegaskan, itu tidak pernah dilakukan. Dalam perlindungan juga sebenarnya ada tahap penggantian identitas, tapi kami tidak melakukan itu karena dirasa tidak perlu," pungkas Febri.
(nif/dhn)
FOKUS BERITA: DPR vs KPK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed