DetikNews
Rabu 26 Juli 2017, 20:57 WIB

PAN akan Tarik Diri dari Pansus Angket KPK

Andhika Prasetia - detikNews
PAN akan Tarik Diri dari Pansus Angket KPK Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: DPR vs KPK
Jakarta - Fraksi PAN akan menarik diri dari Pansus Hak Angket KPK. Dalam waktu dekat, F-PAN akan mengevaluasi kinerja Pansus.

"Tapi kecenderungan kita, setelah kita pantau kinerja Pansus itu, kemungkinan besar akan kita tarik. Nah, kapan itu, kita belum tahu karena kita kan baru mau mulai evaluasi," ujar Sekretaris F-PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Rabu (26/7/2017).

PAN mengaku pertimbangan fraksinya keluar dari Pansus tidak tiba-tiba. Oleh sebab itu, dalam waktu dekat F-PAN akan melakukan evaluasi.

"PAN nggak selalu tiba tiba. Semua yang tugaskan di Pansus, bukan Pansus KPK saja, semua kita pantau dan evaluasi apakah di Pansus Pemilu dan KPK dan Otonomi Daerah, semua nggak tiba-tiba," tuturnya.

Yandri mengatakan Pansus Hak Angket KPK cenderung melemahkan KPK. Pertimbangan itu menjadi salah satu alasan PAN akan keluar.

"Kami menganggap Pansus ingin melemahkan KPK, padahal PAN bergabung ke Pansus itu punya niat yang tulus untuk memperkuat KPK," jelasnya.

Yandri memastikan PAN tak akan berbeda pandangan dengan seniornya, Amien Rais, soal Pansus Angket. Ia mengatakan Amien ingin KPK diperkuat.

"Kalau Pak Amien semangatnya untuk memerlukan KPK yang kuat dan bersih dan sebagainya. Samalah, nggak ada perbedaan dengan pandangan Pak Amien," tutup Yandri.

PAN saat ini menempatkan tiga kadernya di Pansus Angket. Ketiganya adalah Muslim Ayub, Mulfachri Harahap, dan Daeng Muhammad.
(dkp/tor)
FOKUS BERITA: DPR vs KPK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed