DetikNews
Rabu 26 Juli 2017, 17:55 WIB

15 Pengemis di Masjid Baiturrahman Aceh Diamankan Dinsos

Agus Setyadi - detikNews
15 Pengemis di Masjid Baiturrahman Aceh Diamankan Dinsos 15 pengemis di Masjid Baiturrahman Aceh diamankan petugas Dinas Sosial (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Sebanyak 15 pengemis yang biasa meminta-minta di pekarangan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Aceh diamankan petugas Dinas Sosial. Mereka akan ditampung di panti asuhan untuk pembinaan.

Para pengemis yang diamankan ini terdiri beragam usia. Sebagian besar dari mereka ialah perempuan.

Mereka diamankan usai melaksanakan salat Asar di masjid kebanggaan masyarakat Tanah Rencong tersebut pada Rabu (26/7/2017). Petugas selanjutnya membawa mereka ke tempat penampungan sementara di kawasan Ladong, Aceh Besar, Aceh.

Ketua tim razia dari Dinas Sosial Aceh Muhammad Zein, mengatakan, razia ini sengaja dilakukan setelah pihaknya menerima surat dari pengurus Masjid Baiturrahman. Pasalnya para pengemis yang biasa meminta-minta di sana sudah sangat meresahkan.

"Di masjid ini banyak wisatawan dari berbagai negara. Malu kita kalau banyak peminta-minta di masjid," kata Muhammad Zein kepada wartawan usai razia.

Para pengemis yang terjaring ini rata-rata berasal dari luar Banda Aceh. Mereka yang terjaring akan dibina dan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Selain di Masjid Baiturrahman, ada dua titik razia lainnya. Zein mengatakan razia serupa akan terus dilakukan dengan melibatkan Satpol PP dan polisi.

"Pengemis ini sudah sangat meresahkan. Tapi karena kita belum punya qanun (aturan) yang mengatur soal ini makanya susah kita berantas," ungkapnya.
(jbr/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed